Monopoli Jadikan PLN Tak Tahu Diri

Ekonomi  MINGGU, 06 OKTOBER 2013 , 09:27:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Monopoli Jadikan PLN Tak Tahu Diri
MBC. Komentar pedas menghujat pemadaman listrik oleh PLN terus bermunculan. Kali ini komentarnya datang dari kalangan buruh yang khawatir perusahaan tempat mereka bekerja kolaps, akibat meningkatnya biaya produksi dengan penggunaan mesin genset akibat pemadaman listrik. Status perusahaan plat merah yang disandang PLN juga mulai disorot.
"PLN ini bertingkah karena tidak ada kompetitornya alias monopoli, coba kalau ada, saya yakin PLN tidak akan berani memadamkan listrik sesuka hati," kata Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia  (KSBSI) Edward Pakpahan, Minggu (6/10/2013).

Edward menyebutkan, kebijakan pemerintah menjadikan PLN sebagai perusahaan monopoli untuk urusan kelistrikan merupakan kesalahan. Sebab, alih-alih untuk mempermudah pelayanan kelistrikan, justru membuat perusahaan tersebut berubah menjadi perusahaan yang membuat masyarakat semakin susah.

Menurutnya, urusan kelistrikan juga harus mulai diberikan kepada perusahaan swasta agar pelayanannya semakin profesional.

"Kalau ada swasta berarti PLN memiliki kompetitor, saya yakin kalau sudah begini baru mereka akan berlomba memberikan pelayanan yang baik," ujarnya. [ded]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00