Status Gunung Slamet Naik Menjadi Waspada, Aktivitas 2 Km Harus Steril

Peristiwa  SELASA, 11 MARET 2014 , 09:28:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Status Gunung Slamet Naik Menjadi Waspada, Aktivitas 2 Km Harus Steril
MBC. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), menaikkan status Gunung Slamet di Jawa Tengah menjadi level Waspada. Hl ini disebabkan adanya peningkatan kegempaan dari Gunung Slamet yang berada di 5 kabupaten yakni Kabupaten Pemalang,Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga, sejak 2 Maret 2014.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

"Pada 8-10 Maret 2014 terjadi 441 gempa hembusan dan 9 kali gempa vulkanik dangkal. Kepala PVMBG telah melaporkan kenaikan status ini kepada Kepala BNPB," katanya, Selasa (11/3/2014)

Meski naik status menjadi waspada,namun masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak panik. BNPB merekomendasikan agar masyarakat maupun wisatawan tidak boleh melakukan pendakian, termasuk melakukan aktivitas pada jarak 2 kilometer dari gunung tersebut. Pihak BNPB sendiri telah melakukan sejumlah upaya penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya serta melakukan piket terbatas.

Data yang disampaikan, saat ini ada 1 gunung status Awas (level IV) yaitu G.Sinabung. 3 status Siaga (level III): Karangetang, Rokatenda, Lokon. Dan 19 status Waspada yaitu Slamet, Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono dan Kerinci.[rgu]


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds