Kubu-Kubuan Pengurus Parpol Dikhawatirkan Berimbas ke Pilkada

Pilkada Medan 2015  RABU, 28 JANUARI 2015 , 18:01:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Kubu-Kubuan Pengurus Parpol Dikhawatirkan Berimbas ke Pilkada
MBC. Kisruh internal partai politik yang memicu munculnya "kubu-kubuan" ditingkat pengurus pusat, dikhawatirkan berdampak pada pelaksanaan pilkada 2015 di tingkat kabupaten/kota. Hal ini terutama menyangkut dukungan partai politik tersebut terhadap calon kepala daerah yang akan diusung.

Komisioner KPU Sumatera Utara, Nazir Salim Manik mengatakan, potensi tersebut sangat mungkin terjadi mengingat masing-masing kubu akan mengklaim sebagai pihak yang berwenang mengesahkan dukungan terhadap calon kepala daerah nantinya.

"Pengalaman pada pemilu-pemilu sebelumnya hal seperti ini ada yang muncul," katanya, Rabu (28/1/2015).

Nazir menyebutkan, KPU selaku penyelenggara pemilu, harus hati-hati dalam mengambil sikap jika nantinya "kubu-kubuan" pengurus parpol tersebut benar-benar berlanjut hingga pada dukungan terhadap calon kepala daerah. Apalagi, KPU harus tetap netral dalam menjalankan tugasnya.

"Nantinya kalau ada yang demikian, maka tentu kita juga akan berkoordinasi secara berjenjang. Dari KPU kabupaten/kota, kepada kami dan kami akan teruskan ke KPU RI. Mengapa ini perlu hingga KPU RI, karena kisruh yang terjadi juga ditingkat pusat," ungkapnya.


Komentar Pembaca


The ads will close in 10 Seconds