MEA 2015

Pansus Berharap Pergub Segera Terbit

Ekonomi  SELASA, 11 AGUSTUS 2015 , 19:52:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Pansus Berharap Pergub Segera Terbit
MBC. Ketua Pansus MEA 2015 DPRD Sumatera Utara, Ikrimah Hamidy berharap peraturan gubernur (Pergub) yang mengatur tentang kebijakan pemerintah daerah dalam menghadapi era perdagangan bebas negara-negara ASEAN tersebut. Menurutnya, penggodokan peraturan dalam bentuk peraturan daerah sudah tidak memungkinkan mengingat waktu yang semakin mendesak.

"Kalau kita bahas ranperda (rancangan peraturan daerah) pasti butuh waktu lama, sementara sedikit lagi waktu yang tersisa. Jadi cukup Pergub untuk membahas hal teknisnya bagaimana," ujar Ikrimah ditemui diruang fraksi PKS DPRD Sumut, Selasa (11/8).

Target tersebut juga telah disepakati oleh pemerintah provinsi (Pemprov) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dimana Pansus MEA berkomunikasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tersebut sekaligus konsultasi dengan gubernur yang kemudian menyepakati perlunya Pergub dimaksud dengan pengawasan khusus untuk 8 sektor jasa disebutkan Ikrimah, diantaranya kedokteran umum, kedokteran gigi, perawat, arsitektur, tenaga ahli, surveyor, akuntan, pariwisata.

"Jadi kita fokus pembenahan disitu. Akhirnya kita bergerak dan menyepakati rapat dengan berbagai pihak dan selalu mengikutsertakan Bappeda dan Kadin (kamar dagang dan industri). Seluruh sektor yang masuk MEA juga sudah kita undang semua asosiasinya," terangnya.

 Hal yang krusial menurutnya dalam menghadapi MEA adalah soal standarisasi yang ditunjukkan dengan sertifikasi bertaraf internasional, khususnya ASEAN. Sebab jika produk barang jasa dalam negeri inging dapat bersaing dan diterima oleh negara lain harus memenuhi standar dimaksud. Dicontohkannya seperti Rumah Sakit atau Perhotelan yang hampir sebagain besar di Sumut belum memiliki standarisasi MEA.
 

Komentar Pembaca
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 09:57:31

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

Bobby Nasution-Bobby Zulkarnain

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 19:47:00