Ironis, Situs Kesultanan Melayu Langkat jadi Lahan Parkir Liar

Peristiwa  SELASA, 20 OKTOBER 2015 , 07:51:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Ironis, Situs Kesultanan Melayu Langkat jadi Lahan Parkir Liar
MBC. Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Poetra-Poetri Melayoe Langkat Indonesia (DPP - LSM LPPMLI) meminta Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, untuk segera melakukan penertiban/penutupan lahan parkir di kawasan atau Situs Cagar Budaya Kesultanan Langkat Pura Pesanggrahan Kesultanan Negeri Langkat.

Permintaan ini dikemukakan Ketua DPP - LSM LPPMLI Tengku Syahputra Hamzah didampingi Sekretaris Ramadhona, dalam siaran persnya, Senin (19/10/2015), terkait dugaan pembiaran Situs Cagar Budaya Kesultanan Langkat Pura Pesanggrahan Kesultanan Negeri Langkat dijadikan sebagai lahan parkir.

Kata Tengku Syahputra Hamzah, pihaknya sudah meminta melalui surat tertulis Kepala Dinas Perhubungan dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, dengan Nomor : 058/LPPMLI/DPP/X-2015, tertanggal 6 Oktober 2015, yang juga ditembuskan kepada Bupati Langkat, Ketua DPRD, Kapolres Langkat, Kejari dan Dandim 0203 di Stabat.

"Penertiban parkir yang ada dikawasan situs bersejarah Kesultanan Langkat, agar segera dilakukan tindakan konkrit dan konstruktif sebagai upaya penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan pelestarian Situs Cagar Budaya Kesultanan Langkat, yakni, Pura Pesanggrahan Kesultanan Langkat di Jalan Tengku Amir Hamzah No. 44 Kecamatan Tanjung Pura, tepatnya di Pura Pesanggrahan Kesultanan Negeri Langkat," pinta Syahputra Hamzah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor : 11 Tahun 2010, kata Ramadhona, SH, bahwa penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan pelestarian Kawasan/Situs Cagar Budaya merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten Langkat.


Komentar Pembaca
Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00

Ribuan Santri Demo Fadli Zon

Ribuan Santri Demo Fadli Zon

JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 18:45:00

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 09:33:00



The ads will close in 10 Seconds