>

Rumah Belum Tentu jadi Solusi Bagi Suku Anak Dalam

Sosial  MINGGU, 01 NOVEMBER 2015 , 20:15:00 WIB

Rumah Belum Tentu jadi Solusi Bagi Suku Anak Dalam
MBC. Pengamat yang juga Manager Kampanye dan Advokasi Rimbawan Muda Indonesia (RMI), Mardha Tillah, menilai, perlu studi untuk membuktikan apakah rumah menjadi solusi atas masalah-masalah yang dihadapi Orang Rimba.

Hal jni disampaikannya menanggapi rencana Menteri Sosial Khofifar Indah Parawansa untuk memberikan bantua  rumah kepada mereka. Selama ini Suku Anak Dalam memiliki kebiasaan hidup nomaden atau berpindah-pindah.

"Kunjungan Jokowi memang mungkin perlu, supaya bisa lihat langsung situasi mereka. Tapi apa memang jawaban dari masalah yang mereka hadapi adalah hidup menetap dengan perumahan yang disediakan pemerintah?," ujar Mardha seperti dilansir antara, Minggu (1/11).

"Apa memang sudah ada studi dari berbagai ilmu, misalnya antropologi, yang menyatakan bahwa perubahan kultur dari nomaden menjadi hidup menetap adalah salah satu solusi," tambah dia.

Menurut Mardha, ketimbang berusaha mengubah pola hidup masyarakat adat, pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang (KemenATR) seharusnya segera menyelesaikan sertifikasi hak komunal, sesuai PermenATR tahun 2015, sebagai upaya pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat adat.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds