>

Perantau Asal Dairi Kembangkan Pendidikan di Daerahnya

Pendidikan  SELASA, 15 MARET 2016 , 08:06:00 WIB

Perantau Asal Dairi Kembangkan Pendidikan di Daerahnya
MBC. Warga perantauan asal Sidikalang, Kabupaten Dairi yang tersebar di Jabodetabek mengaku miris melihat perkembangan kabupaten sejak terbentuk 12 September 1947 lalu. Betapa tidak, wilayah berpenduduk sekitar 270 ribu jiwa itu, salah satunya belum terdapat universitas atau lembaga pendidikan tinggi, hanya sampai tingkat SMA/SMK.

Pemerhati sosial Edward Panggabean menyatakan bahwa banyak daerah yang tertinggal pertumbuhan ekonominya. Karena itu, dia mengapresiasi bentuk dukungan segenap warga perantauan asal Dairi yang sukses di tanah perantauan sangat baik untuk bahu membahu memajukan daerahnya, seperti mengembangkan sarana pendidikan, wisata, kuliner, industri kreatif, dan seni budaya.

"Memang tak bisa lepas tangan dan dibebankan ke pemkab setempat mengingat keterbatasan APBD, sebab itu perlu perhatian warga perantau. Dengan membangun kawasan itu apalagi eco wisata Dairi sudah cukup layak. Ya prinsip gotong royong dan bertolong-tolongan. Minimal, membantu meningkatkan usaha keluarga atau kerabatnya, itu sangat mulia," jelasnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/3).

Edward pun mengatakan adanya penyalahgunaan narkoba menyerang wilayah Dairi,0 hal itu terjadi lantaran sulitnya mencari nafkah karena keterbatasan lapangan kerja di wilayah tersebut.

"Jadi ini ironis sekali, masyarakat sekarang mencari jalan pintas untuk mencukupi ekonominya. Seperti jual beli narkoba, ini sudah barang tentu sangat mudah didapat. Karennya pemberantsan narkoba perlu menjadi musuh bersama. Padahal, Dairi yang saya tau rendah tingkat kriminalnya. Penyakit HIV/Aids pun tak asa," ujar pria yang juga kerap berkunjung ke Dairi.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds