>

Forum Diskusi Sore

"Guru Patimpus", Memikir Ulang Etos Peradaban Kota

Budaya  KAMIS, 16 JUNI 2016 , 15:44:00 WIB | LAPORAN:

MBC. Sebuah forum yang dinamakan Forum Diskusi Sore telah memulai diskusi sorenya pada Rabu (16/6) sore, di Rumah Musik Suarasama, Jalan Stela I, Komplek Kejaksaan, Medan Sunggal. Forum tersebut berencana akan melaksanakan kegiatan diskusi secara rutin per 2 minggu dengan konsentrasi tema tentang segala permasalahan yang ada di kota Medan dan Sumatera Utara khususnya, serta Indonesia umumnya.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu inisiator dan penanggungjawab Forum Diskusi Sore, Ahmad Arief Tarigan M. Si kepada medanbagus.com, Rabu (16/6).

"Sekarang ini masing-masing kita pasti punya penilaian sendiri terhadap kontestasi ruang kota dan negara. Kiranya tidak cukup lagi hanya sekedar berpikir tetapi juga memikir ulang seperti apa kehidupan kita hari ini, termasuk kehidupan di tengah 'peradaban kota'. Forum Diskusi Sore per 2 minggu akan rutin menggelar diskusi seperti ini dan pada momentum tertentu akan membuat event yang lebih besar nilai dan maknanya," kata Ahmad Arief Tarigan yang juga berstatus sebagai Kolumnis medanbagus.com.
 
Diskusi perdana yang digelar Forum Diskusi Sore mengambil tema 'Guru Patimpus: Memikir Ulang Etos Peradaban Kota'. Diskusi perdana Forum Diskusi Sore mengambil tema tersebut dengan pertimbangan bahwa dengan berpikir dan memikirkan ulang teks kota hari ini serta nilai dari narasi Guru Patimpus sebagai pendiri kota Medan merupakan tanggung jawab warga kota Medan sebagai manusia.

"Berpikir dan memikirkan ulang narasi Guru Patimpus dan teks kota hari ini, saat ini, detik ini merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia historis, manusia yang memikirkan ulang. Guru Patimpus, beberapa ratus tahun yang lalu telah mewariskan sebuah narasi sejarah peradaban," ujar Arief.


Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds