>

Bebas Visa Picu Penyalahgunaan Izin Kunjungan Wisatawan Manca Negara di Sumatera Utara

Peristiwa  SELASA, 11 OKTOBER 2016 , 09:54:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Bebas Visa Picu Penyalahgunaan Izin Kunjungan Wisatawan Manca Negara di Sumatera Utara
MBC. Wisatawan manca negara yang menyalahgunakan izin kunjungan mereka ke Indonesia masih kerap ditemukan di Sumatera Utara. Kebijakan bebas visa kunjungan yang diberlakukan bagi 168 negara ke Indonesia untuk mendukung kunjungan wisata disinyalir menjadi salah satu penyebabnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Maroloan J Barimbing mengatakan, dalam tahun ini mereka menemukan penyalahgunaan izin tinggal oleh wisatawan mancanegara tersebut. Namun seluruhnya sudah diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Untuk datanya saya tidak bisa pastikan karena lagi di luar kota. Tapi kurang lebih ada sepuluh (penyalahgunaan) se-Sumut. Mereka mencoba melakukan kegiatan yang sifatnya bekerja tapi dengan menggunakan izin untuk wisata. Kalau dibandingin dengan jumlah wisatawan jauhlah, nggak sampai satu persen," katanya melalui seluler, Senin (10/10).

Maroloan menilai, kebijakan bebas visa kunjungan tersebut bagus untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kebijakan ini, lanjutnya, dapat mendorong ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Kondisi ini sendiri menurutnya hanya bagian dari dampak negatif dari kebijakan yang ada yang harus dicari solusinya.

"Selaku regulator dan yang melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing, kami akan mendorong agar hal-hal positif itu bisa ditingkatkan dan sekaligus mencegah dan meminimalisir dampak negatif. Seperti kalau ada penyalahgunaan, dia masuknya dengan izin wisata tapi nggak tahunya melakukan kegiatan yang bukan wisata atau yang dapat mengganggu ketertiban umum, itu yang harus kita kendalikan," jelas Maroloan.


Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00



The ads will close in 10 Seconds