JR Saragih: Peran Pemuka Agama Sangat Besar Dalam Menjaga Budaya dan Bahasa

Budaya  RABU, 15 FEBRUARI 2017 , 13:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

JR Saragih: Peran Pemuka Agama Sangat Besar Dalam Menjaga Budaya dan Bahasa
MBC. Peran para pemimpin agama sangat besar dalam upaya menjaga budaya dan bahasa tradisional yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. Demikian disampaikan Bupati Simalungun, JR Saragih dalam pertemuan dengan para pemuka agama Katolik dan para Pastor di Gereja Katolik Paroki Santo Mikhael Pangururan, Samosir, Rabu (15/2).

"Selain menjaga kerukunan antar umat beragama, peran pemuka agama juga sangat besar dalam melestarikan budaya dan bahasa asli daerah kita," katanya.

JR Saragih menjelaskan, saat ini dirinya sangat prihatin terhadap perkembangan teknologi yang sebagian besar memicu terjadinya pergeseran budaya ditengah masyarakat termasuk bahasanya. Tanpa adanya kepedulian dari kalangan pemimpin agama dan pihak sekolah maka hal ini menurutnya akan membuat warga Sumatra Utara kehilangan budaya dan bahasa asli mereka.

"Padahal budaya dan bahasa itu menjadi warisan leluhur yang juga menjadi kebanggaan kita. Dalam industri pariwisata sekalipun, budaya asli itu tetap memiliki nilai yang sangat tinggi termasuk nilai ekonomi. Wisatawan yang datang ke sini pasti ingin mengetahui budaya lokal yang asli," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh yang bernama asli Jopinus Ramli Saragih ini berharap, seluruh lapisan masyarakat khususnya para pemuka agama memberikan perhatian lebih terhadap persoalan ini. Lewat ceramah agama, lewat sekolah-sekolah yang berada dibawah yayasan keagamaan ia berharap agar nilai-nilai budaya asli tetap disampaikan kepada generasi muda.


Komentar Pembaca


The ads will close in 10 Seconds