>

Dewan Heran, Bank Sumut Pakai Jasa Broker Tentukan Asuransi Penjamin Debitur

Ekonomi  SELASA, 21 FEBRUARI 2017 , 14:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Dewan Heran, Bank Sumut Pakai Jasa Broker Tentukan Asuransi Penjamin Debitur
MBC. Bank Sumut ternyata menggunakan jasa broker untuk menentukan perusahaan asuransi mana yang akan menjamin debiturnya. Ini dipandang aneh, mengingat di Sumatera Utara ada PT Asuransi Bangun Askrida.

"Ini cukup mengherankan. Padahal Bank Sumut dan Askrida sama-sama BUMD (badan usaha milik daerah) yang didirikan Pemprov Sumut (Pemerintah Provinsi Sumatera Utara). Idealnya debitur Bank Sumut dijamin oleh Askrida. Sehingga, keuntungan yang diperoleh dari proses penjaminan akan masuk ke perusahaan asuransi milik rakyat Sumut itu," ujar Anggota Komisi C DPRD Sumut, Muhri Fauzi Hafiz kepada wartawan via seluler, Senin (20/2).

Dijelaskannya, dalam setiap akad kredit (transaksi pinjaman) para debitur (peminjam dana) mesti dijamin oleh lembaga atau perusahaan asuransi. Ini merupakan sebuah aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari kerugian besar di pihak bank, jika suatu saat terjadi hal-hal yang bersifat di luar dugaan terhadap debitur atau nasabahnya. Salah satu produk yang digunakan dalam konteks ini adalah asuransi jiwa.

Politisi Partai Demokrat ini juga menjelaskan, penggunaan broker asuransi ini beberapa waktu lalu pernah dipertanyakan oleh Komisi C DPRD Sumut. Dan, manajemen Bank Sumut mengatakan mekanisme penggunaan broker sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan OJK.

Untuk menguji apakah argumentasi manajemen Bank Sumut itu memang benar secara aturan, maka Muhri menegaskan pihaknya sudah mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan OJK.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds