>

Pengamat Hukum Juga Kritik Bank Sumut Pakai Jasa Broker

OPINI  RABU, 22 FEBRUARI 2017 , 13:45:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Pengamat Hukum Juga Kritik Bank Sumut Pakai Jasa Broker
MBC. Kritkan terhadap penggunaan jasa broker asuransi di Bank Sumut tidak hanya menuai kritik dari kalangan anggota DPRD Sumatera Utara. Kalangan praktisi hukum juga ikut mengkritik kebijakan tersebut.

Wakil Direktur (Wadir) Pusat Studi Hukum dan Pembaharuan Peradilan (PusHpa) Sumut, Nuriono menerangkan secara hukum ada beberapa aturan yang harus dipenuhi Bank Sumut dalam menetapkan rekanan bisnis, termasuk menentukan perusahaan asuransi yang akan menjamin debiturnya. Salah satunya yakni penerapan mekanisme lelang.

"Pertama, harus ada dulu persetujuan jajaran direksi untuk pemilihan perusahaan asuransi yang akan dijadikan rekanan. Setelah itu, harus ada setidaknya tiga perusahaan asuransi yang diajukan, agar bisa jadi pembanding," katanya kepada wartawan di Medan, Rabu (22/2).

Setelah syarat-syarat itu dipenuhi, lanjut dia, barulah kemudian dilaksanakan lelang, untuk menentukan perusahaan asuransi mana yang akan dijadikan rekanan. Dan, hasil lelang sifatnya mengikat, tidak dapat diganggu gugat, kecuali jika di kemudian hari ditemukan fakta bahwa proses lelang tidak berjalan fair.

"Ketika sebuah perusahaan asuransi sudah dipilih menjadi rekanan, harus dipahami pula apa-apa saja yang ditawarkan. Jangan sampai preminya tinggi tapi jaminannya sedikit. Kalau begini, maka patut diduga ada permainan dalam proses lelang," tukasnya.


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds