Ketua MPR: Warga Yang Jadi Korban Kerusakan Lingkungan Harus Dapat Kompensasi

Politik  JUM'AT, 24 MARET 2017 , 11:27:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Ketua MPR: Warga Yang Jadi Korban Kerusakan Lingkungan Harus Dapat Kompensasi
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan warga yang menjadi korban dalam kasus kerusakan lingkungan akibat operasional perusahaan harus mendapatkan kompensasi yang besar sebagai pengganti hilangnya sumber kehidupan mereka akibat pembangunan perusahaan tersebut. Demikian disampaikannya mengenai persoalan petani Kendeng, Jawa Tengah yang menolak pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia di daerah mereka.
"Masyarakat yang menjadi korban harus mendapatkan kompensasi paling besar. Kalau matapencahariannya hilang, gunung mereka hilang harus diberikan kompensasi untuk menyekolahkan anak mereka," katanya usai memberikan sosialisasi 4 pilar di Universitas Sumatera Utara, Kamis (23/3) sore.

Zulkifli menjelaskan resiko kerusakan lingkungan akibat pembangunan tetap ada dan hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Secara khusus mengenai pembangunan pabrik semen, ia memastikan akan ada dampaknya bagi lingkungan sebab aktifitasnya terdiri dari penambangan dan pengolahan bahan yang diambil langsung dari alam. Pihak perusahaan sendiri dituntut untuk meminimalisir resiko kerusakan lingkungan yang diakibatkan aktifitas mereka dan juga mencari solusi bersama masyarakat atas dampak yang tetap muncul tersebut.

"Pemerintah harus mendengarkan tuntutan masyarakatnya. Kita punya pancasila, ayo rembuk jangan mau menang-menangan perusahaan saja," ujarnya.

Diketahui penolakan atas pembangunan pabrik semen tersebut masih terjadi hingga saat ini. Para petani Kendeng bahkan melakukan aksi menyemen kaki mereka sebagai bentuk protes atas pendirian pabrik yang menurut mereka akan merusak ekologi dan sumber mata air untuk pertanian mereka tersebut.[rgu]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN
Prabowo Diantara Megawati dan Puan

Prabowo Diantara Megawati dan Puan

RABU, 24 JULI 2019 , 15:31:00

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

Pelantikan Siswa SMAN 1 Plus Matauli

RABU, 24 JULI 2019 , 17:41:00

Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00