Ketua KNPI Sumut: Uang Dikit Payah Lolos Pilkada

Nongkrong Politik  MINGGU, 07 MEI 2017 , 15:58:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Ketua KNPI Sumut: Uang Dikit Payah Lolos Pilkada

Sugiat Santoso/ RMOLSumut

RMOLSumut. Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara, Sugiat Santoso mengatakan tradisi politik uang masih menjadi hal yang selalu terjadi di Sumatera Utara. Hal ini membuat siapa saja yang ingin maju di Pilkada baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi selalu berfikir ulang untuk maju.
"Ada beberapa rekan saya anggota KNPI yang maju didaerah dan menang. Begitu saya tanya, mereka rata-rata mengeluarkan uang hingga Rp 40 miliar. Itu sangat mengejutkan," katanya dalam diskusi Gobrol Politik "Tokoh Politik atau Kader Parpol" yang digelar di Gedung Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumut, Sabtu (6/5).

Sugiat mengatakan besarnya dana yang harus dikeluarkan sebagai "modal" maju di pilkada tersebut sangat berpengaruh terhadap kemajuan daerah itu sendiri. Sebab, calon yang terpilih dipastikan akan berupaya untuk mengembalikan "modal" yang ia keluarkan terlebih dahulu dibanding memikirkan pembangunan daerah tempanya memimpin. Hal ini membuat anggaran daerah seperti APBD kerap menjadi sasaran korupsi para kepala daerah.

"Tidak salah jika data dari KPK menyebutkan, 50% kepala daerah yang terpilih lewat pemilu langsung itu tersangkut kasus korupsi," ujarnya.

Salah satu upaya meminimalisir kondisi ini menurut Sugiat adalah dengan kesadaran dari masyarakat sendiri untuk menolak setiap praktik politik uang. Tanpa adanya kesadaran tersebut, maka pemimpin yang baik dan berpihak pada masyarakat tidak akan pernah terwujud.

"Ada yang benar-benar ingin memimpin dengan baik, namun karena tidak punya modal tadi maka dia tidak akan terpilih. Sementara bajingan yang punya duit bisa saja melenggang mulus ke kursi kekuasaan. Ini harus kita cegah," pungkasnya.

Diskusi Ngobrol Politik digelar atas kerjasama Fakultas Sosial UIN Sumut, Forum Komunikasi Pemuda Indonesia (FKPI) dan kantor berita politik RMOLSumut.com. Selain Sugiat, terdapat beberapa pembicara dalam kesempatan tersebut seperti Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Sosial UIN Sumut, DR. H. Hasan Sazali, MA, Politisi PAN Sumut Syah Afandin dan pimpinan RMOL.co Tegus Santosa.[rgu]

Komentar Pembaca
Mahfud MD - Belajar dari Gusdur (Part 5)

Mahfud MD - Belajar dari Gusdur (Part 5)

MINGGU, 17 DESEMBER 2017 , 19:00:00

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

Liburan Seru dengan Angkutan Umum

SABTU, 16 DESEMBER 2017 , 09:00:00

Fahri Siap Lawan Elite PKS

Fahri Siap Lawan Elite PKS

JUM'AT, 15 DESEMBER 2017 , 21:00:00

Ucapan Selamat Tahun Baru 2018

Ucapan Selamat Tahun Baru 2018

JUM'AT, 08 DESEMBER 2017 , 11:37:00

Effendi Simbolon di Warkop Siantar

Effendi Simbolon di Warkop Siantar

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 16:55:00

Press Conference AKSIS 2017

Press Conference AKSIS 2017

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 17:19:00