Kritik Penangkapan Mahasiswa

Badko HMI: Kombes Sandi Nugroho Harusnya Mencontoh Kapolda Sumut Soal Penanganan Demo Kondusif

Peristiwa  SENIN, 08 MEI 2017 , 09:21:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Badko HMI: Kombes Sandi Nugroho Harusnya Mencontoh Kapolda Sumut Soal Penanganan Demo Kondusif
Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan penangkapan sejumlah mahasiswa oleh pihak kepolisian saat melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Dr Mansyur (Pintu 1 USU), Medan pada 2 Mei 2017 lalu.

Menurut mereka Wakil Sekretaris Umum Badko HMI Sumut, Wildan Ansori Hasibuan dalam kasus unjuk rasa berujung demo tersebut pihak mahasiswa tidak sepenuhnya dapat dipersalahkan. Sebab mereka menilai kericuhan tersebut akibat tidak maksimalnya peran kepolisian dalam mengawal jalannya aksi unjuk rasa.

"Karena seyogyanya peran kepolisian adalah bagaimana mengawal proses demonstrasi itu dapat berjalan dengan kondusif mulai dari awal hingga akhir.
Hal utama yang harus diluruskan adalah bahwa demonstrasi merupakan konsekuensi dalam sistem demokrasi hari ini," katanya, Senin (8/5).

Yang terjadi saat ini menurut Wildan adanya tidak adanya pemahaman dari pihak kepolisian mengenai kegiatan demonstrasi yang notabene merupakan salah satu instrumen mengemukakan pendapat guna mengkritisi kebijakan-kebijakan pemerintah.

"Itu sah dan dibenarkan oleh undang-undang. Namun jika hari ini pihak kepolisian memiliki paradigma bahwa setiap demonstrasi yang kemudian muncul dimaknai sebagai kegiatan illegal dan mengganggu stabilitas, maka disini status para demonstran dalam seketika akan berubah menjadi penjahat. Sehingga dilapangan hubungan antara pihak kepolisian dengan para demonstran dipastikan akan tidak akur dan cenderung berlawanan," ujarnya.

Komentar Pembaca
Bintang Kejora Dijahit Belanda

Bintang Kejora Dijahit Belanda

SENIN, 02 SEPTEMBER 2019 , 09:02:00

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

Bobby Nasution Dan Sutrisno Pangaribuan

MINGGU, 28 JULI 2019 , 15:14:00

Turun Jumpai Buruh

Turun Jumpai Buruh

RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 09:31:00