Selalu Gelorakan Semangat Kerukunan Umat Beragama, Warga Sebut JR Saragih Mirip Sosok Gus Dur

Politik  SENIN, 19 JUNI 2017 , 11:07:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Selalu Gelorakan Semangat Kerukunan Umat Beragama, Warga Sebut JR Saragih Mirip Sosok Gus Dur

JR Saragih/RMOLSumut

RMOLSumut. Kinerja JR Saragih yang selalu mengutamakan kerukunan beragama, tentunya selintas kita akan mengingat sosok almarhum Gus Dur. Menanggapi hal ini, JR Saragih menjawabnya dengan rendah hati.
Dalam bekerja, memang JR Saragih selalu meminta kepada masyarakat agar menjaga kerukunan beragama meskipun di Indonesia termasuk Sumatera Utara memiliki keberagaman agama, suku dan budaya. Baginya, agama jangan lah dibenturkan demi kepentingan kelompok maupun golongan. Apalagi, kerukunan beragama menjadi bagian dari Pancasila.

Ditemui usai acara buka puasa bersama dengan kader Partai Demokrat Padang Sidempuan, Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara JR Saragih dengan nada rendah hati menuturkan bahwa apa yang dilakukan oleh Gus Dur jangan pernah ditanggalkan sedikit pun.

"Kita harus berterima kasih kepada Gus Dur, karena melalui beliau (Gus Dur-red) semua agama diterima. Meskipun besar di pesantren, beliau bisa masuk ke semua kalangan, dia bisa masuk ke gereja, dia sangat menghargai agama dan itulah yang harus dimiliki Indonesia karena dari sanalah kekayaan Indonesia itu ada, otomatis jangan meninggalkan apa yang pernah dilakukan oleh pendahulu kita," ujarnya di Hotel Mega Prima, Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Minggu (17/6).

Meskipun dinilai sosok Gus Dur melekat pada pemilik nama asli Jopinus Ramli Saragih, dirinya sangat mengapresiasi. Pasalnya, dengan kehadiran Gus Dur maka membuat masyarakat Indonesia bisa beribadah dengan nyaman, sholat di mana saja bisa, gereja di mana saja tapi sekarang diakuinya seolah-olah agama dilarang dan memiliki batas.

"Sah-sah saja jika masyarakat menilai sosok Gus Dur ada pada diri saya. Buat saya tidak ada masalah dan saya mengapresiasi buat sebutan itu karena saya bangga dengan Gus Dur," paparnya.

Lantas, bebankah JR Saragih dinilai sama seperti sosok almarhum Gus Dur yang mengutamakan kerukunan beragama? "Kenapa harus dijadikan beban? Dengan kehadiran Gus Dur maka beliau bisa memimpin bangsa ini, dan kita sebagai generasi penerus harus menghargai apa yang menjadi karya beliau karena Gus Dur pernah memimpin Indonesia,"tukasnya tersenyum.[rgu]


Komentar Pembaca
Rupiah Terpuruk, Utang Bertumpuk!

Rupiah Terpuruk, Utang Bertumpuk!

KAMIS, 24 MEI 2018 , 17:00:00

Komunitas Tionghoa Kapok Dukung Jokowi

Komunitas Tionghoa Kapok Dukung Jokowi

KAMIS, 24 MEI 2018 , 15:00:00

Elza Syarief - Keadilan (Bag.4)

Elza Syarief - Keadilan (Bag.4)

KAMIS, 24 MEI 2018 , 14:00:00

Hari Pertama MTQ ke 51 dan FSN ke 40 Kabupaten Deli Serdang
Persija Menang Telak

Persija Menang Telak

RABU, 11 APRIL 2018 , 02:41:00

Warga Medan Deli Antisipasi Teroris

Warga Medan Deli Antisipasi Teroris

SENIN, 14 MEI 2018 , 12:36:00