>

Inilah Penjelasan Kemendagri Kenapa Gubernur Aceh Tidak Dilantik Di Istana

Pemerintahan  JUM'AT, 30 JUNI 2017 , 11:36:00 WIB

Inilah Penjelasan Kemendagri Kenapa Gubernur Aceh Tidak Dilantik Di Istana

Foto/Net

RMOLSumut. Pelantikan kepala daerah gelombang kedua hasil Pilkada Serentak 2017 akan berlangsung pekan depan. Berbeda dengan gelombang pertama lalu, pelantikan pada periode tersebut akan dipecah. Sebab, beberapa daerah di Aceh harus mengikuti mekanisme yang diatur dalam UU 11/2016 tentang Pemerintahan Aceh.

"’Aceh perlakuannya khusus, karena UU-nya juga khusus," ujar Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono seperti dikabarkan Jawa Pos, Jumat (30/6).

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih pada Pilkada Aceh 2017.

Pria yang akrab disapa Soni itu menjelaskan, pelantikan gubernur Aceh dilakukan pada 5 Juli di Banda Aceh. Pelantikan dilakukan Mendagri Tjahjo Kumolo di hadapan Mahkamah Syar'iyah Aceh dalam rapat paripurna DPRA. Hal itu berbeda dengan gubernur pada umumnya yang dilantik di Istana Negara oleh Presiden.

Sementara itu, pelantikan bupati dan walikota di Provinsi Aceh akan digelar setelahnya secara bertahap di ibukota kabupaten/kota masing-masing. Berdasar data akhir masa jabatannya, ada 10 kabupaten/kota di Aceh yang melakukan pelantikan. Di antaranya, bupati Aceh Singkil, Pidie, dan wali kota Banda Aceh.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds