Buron Kasus Penyelundupan Satu Ton Sabu Diciduk Polisi

Kriminal  JUM'AT, 14 JULI 2017 , 16:53:00 WIB

Buron Kasus Penyelundupan Satu Ton Sabu Diciduk Polisi
RMOLsumut. Tim gabungan dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya (PMJ) dan Polres Kota Depok kembali meringkus satu pelaku kasus penyelundupan 1 ton narkoba di kawasan Anyer, Serang, Banten yang melarikan diri.
Warga Negara Asing (WNA) berpaspor Taiwan bernama Hsu Yung Li itu ditangkap saat hendak naik bus di kawasan Cilegon, Banten, Kamis (13/7) sekira pukul 16.30 WIB.

"Bus ini bukan bus umum, tapi bus pariwisata. Sehingga yang bersangkutan tidak berhenti," ujar Direktur Resnarkoba PMJ, Komisaris Besar Nico Afinta di kantornya, Jumat (14/7).

Penangkapan tersangka tidak lepas dari informasi sopir bus yang melapor ke polisi. Tepatnya, saat saksi melihat yang bersangkutan menumpangi busnya. Pasalnya, pihak kepolisian telah menyebarkan identitas dan foto tersangka ke publik. Serta mengimbau masyarakat agar melapor jika melihat tersangka berkeliaran.

"Karena data dan foto yang bersangkutan sudah disebar, supir melaporkan ke polisi. Polsek setempat, dimana ada empat anggota dari Polsek Cilegon diback up oleh Polres melakukan pencarian dan menangkap (tersangka)," terangnya.

Saat ini, tersangka telah diamankan dan masih diperiksa intensif oleh pihak kepolisian. Polisi juga menyita telepon genggam (HP) dan paspor milik tersangka. Kedua benda tersebut, digunakan tersangka sebagai antisipasi jika pengiriman paket sabu gagal.

"Masing-masing pelaku pada saat melakukan kegiatan menyiapkan paspor di kantung masing-masing dan HP. Jadi, kalau ketahuan langsung pergi ke luar negeri," ungkap Nico.

Hsu Yung Li sendiri berperan mengangkat paketan sabu saat kapal merapat ke dermaga. Kemudian yang bersangkutan mengangkat dari kapal menuju ke mobil.

Sebelumnya diberitakan, tim gabungan dari Direktorat Reserse Narkoba PMJ, bersama dengan Polres Kota Depok membongkar penyelundupan narkoba jenis sabu yang diduga dimasukkan ke Indonesia dari Tiongkok.

Penangkapan tersebut dilakukan di kawasan Anyer, Serang, Banten dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 1 ton.

Dalam penangkapan itu, satu tersangka Lin Ming Hui, tewas ditembus timah panas. Tersangka yang berperan sebagai bos atau pegendali jaringan narkotika internasional itu, nekat menabrak petugas dengan sebuah mobil.

Sehingga, polisi terpaksa menghadiahi tersangka dengan tindakan tegas terukur.

Sedangkan, dua tersangka lainnya, Chen Wei Chuan dan Liao Guan Yu, dibekuk tanpa perlawanan. [krm/rmol]

 



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 16:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 14:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 20:00:00

Effendi Simbolon di Warkop Siantar

Effendi Simbolon di Warkop Siantar

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 16:55:00

Cek Senjata Personil

Cek Senjata Personil

KAMIS, 12 OKTOBER 2017 , 20:36:00

Press Conference AKSIS 2017

Press Conference AKSIS 2017

SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 17:19:00