>

Soal Tarif PDAM Tirtanadi, Gubernur Sumut Digugat ke PTUN Medan

Hukum  SELASA, 18 JULI 2017 , 21:44:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Soal Tarif PDAM Tirtanadi, Gubernur Sumut Digugat ke PTUN Medan

Tengku Erry Nuradi/RMOLSumut

RMOLSumut. Anggota DPRD Sumatera Utara, Muchrid Nasution menggugat Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi terkait persoalan kenaikan tarif air PDAM Tirtanadi. Gugatan ini didaftarkan ke PTUN Medan melalui Tim Advokasi Tolak Kenaikan Tarif PADM Tirtanadi yang diinisiasi Lembaga Adokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK).

"Kita menggugat Gubernur Sumatera Utara sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap kenaikan tarif air PDAM Tirtanadi yang cacat hukum karena tidak mengikuti proses dan tahapan yang diatur dalam undang-undang," kata Sekretaris LAPK Sumut Padian Adi Siregar, Selasa (18/7).

Padian menjelakan, pelanggaran undang-undang yang dilakukan terkait kenaikan tarif tersebut yakni pelanggaran terhadap UU Administrasi pemerintahan maupun Perda No 10 tahun 2009. Dalam hal ini Gubernur Sumatera Utara dianggap tidak berhati-hati dalam menandatangani SK Gubernur Sumut No. 188.44/732/KPTS/2016 yang menjadi dasar kenaikan tarif tersebut.

"Disitu kita melihat gubernur tidak memastikan apakah hal tersebut sudah melalui konsultasi publik baik dengan pelanggan PDAM Tirtanadi maupun Komisi C DPRD Sumatera Utara," ujarnya.

Atas kondisi ini penggugat yang merupakan anggota Komisi C DPRD Sumut tersebut merasa ikut dirugikan karena dianggap telah ikut menyetujui kenaikan tarif.  Padahal menurut Padian, PDAM Tirtanadi ataupun Gubernur Sumut sama sekali tidak pernah berkomunikasi dengan komisi C DPRD Sumut untuk membahas kenaikan tarif tersebut.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds