Waspadai Kekurangan Yodium Saat Hamil

Lifestyle  JUM'AT, 18 AGUSTUS 2017 , 17:21:00 WIB

Waspadai Kekurangan Yodium Saat Hamil
RMOLSumut. Kekurangan yodium saat hamil berisiko ganggu otak anak. Selain pertumbuhan otak yang terganggu, anak yang kekurangan yodium sejak kandungan juga akan mengalami keterbelakangan mental.

Seperti dilansir oleh Antara News, sejumlah dokter muda melakukan sosialisasi penggunaan garam beryodium di kawasan kaki Gunung Semeru/Bromo di Balai Desa Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur.

"Kekurangan yodium jangan sampai terjadi pada ibu hamil. Karena, yodium (asupan) dari ibu ke bayi, untuk memproduksi hormon tiroid, sehingga kalau yodiumnya kurang, produksi hormon tiroidnya juga turun," ujar Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Prof. dr. Ahmad Rudijanto, SpPD-KeMD, di Jakarta, Selasa.

"Bahayanya, pertumbuhan otak terutama di usia enam bulan kandungan, terganggu," tambah dia.

Ahmad mengatakan, konsentrasi yodium, di dalam garam pada tingkat produksi mencapai kisaran 20-40mg/kg garam.

Khusus pada ibu hamil dia menyarankan asupan 200 mikrogram garam per hari. Sementara pada orang dewasa, asupan garam yang disarankan ialah sekitar 150 mikrogram per hari.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan, Prof dr. Nila F. Moeloek yang diwakili staf ahli bidang mediko legal, Kementerian Kesehatan, drg. Tritarayati, SH, MHKES, mengatakan, hasil pemeriksaan Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK) dari tahun 2000-2014 pada beberapa lokasi terpilih di Indonesia, menunjukkan, adanya kasus positif dengan proporsi sebesar 0,4 per 1.000 bayi baru lahir.

Bila tidak dilakukan intervensi, maka pada 16-26 tahun mendatang, diperkirakan sekitar 24 -39 ribu penduduk Indonesia berpotensi menyandang keterbelakangan mental. [krm]



Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00