>

Bukan Kepada Orang Dewasa, Sosialisasi Tentang Orangutan Lebih Baik Kepada Anak-Anak

Rumah Kaca  MINGGU, 20 AGUSTUS 2017 , 17:44:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Bukan Kepada Orang Dewasa, Sosialisasi Tentang Orangutan Lebih Baik Kepada Anak-Anak

Peringatan Hari Orangutan/RMOLSumut

RMOLSumut. Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC) dan sejumlah lembaga pemerhati orangutan lainnya menggelar peringatan Hari Orangutan Internasional di Taman Ahmad Yani, Medan, Minggu (20/8). Dalam kegiatan tersebut mereka mensosialisasi tentang orangutan kepada anak-anak dan meluncurkan buku berjudu "Anak Tersesat di Kebun".

Direktur Pendiri YOSL-OIC Panut Hadisiswoyo mengatakan mereka sengaja melibatkan anak-anak dalam kegiatan ini dengan harapan mereka semakin mengenal Orangutan dan peduli terhadap kelangsungan nasib orangutan yang diambang kepunahan.

"Lebih mudah merubah mindset mereka tentang orang utan dibanding dengan generasi yang saat ini sudah dewasa yang cara berfikirnya tentang orangutan sudah banyak dipengaruhi ekonomi dan lainnya," katanya.

Dalam kegiatan ini seluruh lembaga yang peduli terhadap orangutan ini juga merilis data dan fakta mengenai nasib orangutan. Dari dua spesies orangutan yang ada di Indonesia, Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) merupakan spesies paling terancam. dalam kurun 100 tahun, jumlah individu orangutan Sumatera berkurang sebanyak 86 perse.

"Dari hasil penelitian mencatat ada sekitar 14,613 individu orangutan sumatera pada tahn 2015. Jika trend pengrusakan hutan terus terjadi maka dikhawatirkan akan ada 4500 individu orangutan yang musnah hingga tahun 2030 mendatang," ujarnya.


Komentar Pembaca
Ribuan Santri Demo Fadli Zon

Ribuan Santri Demo Fadli Zon

JUM'AT, 08 FEBRUARI 2019 , 18:45:00

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

HSE TSE Pertamina Sungai Gerong Terbakar

SENIN, 11 FEBRUARI 2019 , 09:33:00

Berastagi Scouting Challenges

Berastagi Scouting Challenges

SENIN, 18 FEBRUARI 2019 , 10:13:00



The ads will close in 10 Seconds