>

Kegiatan KPU Kini Dapat Diawasi lewat "Siparmas"

Politik  SELASA, 29 AGUSTUS 2017 , 10:55:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Kegiatan KPU Kini Dapat Diawasi lewat

Yulhasni/RMOLSumut

RMOLSumut. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali meluncurkan Sistem Informasi Partisipasi Masyarakat (Siparmas). Aplikasi terbaru ini menambah deretan aplikasi yang dimiliki oleh KPU setelah sebelumnya meluncurkan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) maupun Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng).

Komisioner KPU Sumut, Yulhasni mengatakan sistem terbaru ini berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, dimana aplikasi Siparmas ini akan menjadi tempat untuk mendata seluruh kegiatan KPU se Indonesia yang berkaitan dengan kepemiluan.

"Didalamnya nanti semua kegiatan KPU akan diupload mulai dari bentuk kegiatannya apa, siapa yang terlibat didalam, sumber pendanaannya, lokasinya dan tujuan kegiatannya dibuat lengkap disana. Jadi bisa diawasi seluruh kinerja KPU," katanya kepada RMOLSumut.com, Selasa (29/8).

Yulhasni menjelaskan, sistem ini secara resmi diluncurkan pada Rapat Koordinasi Nasional Rumah Pintar Pemilu yang digelar di Palu beberapa hari lalu. Jajaran KPU se Indonesia menurutnya langsung diinstruksikan untuk menerapkan Siparmas tersebut pada seluruh sistem masing-masing.

"Tujuan utama yang mau dilihat adalah aktif atau tidaknya jajaran KPU Provinsi hingga ketingkat KPU Kabupaten/kota dalam mensosialisasikan kepemiluan. Tolak ukurnya akan nampak dari situ," ujarnya.


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds