Pembantaian Muslim Rohingya Salah Satu Kejahatan Kemanusiaan Terburuk Sepanjang Sejarah

Ragam  KAMIS, 07 SEPTEMBER 2017 , 21:15:00 WIB | LAPORAN:

Pembantaian Muslim Rohingya Salah Satu Kejahatan Kemanusiaan Terburuk Sepanjang Sejarah

Septian

RMOLSumut. Walau Pemerintah Myanmar menolak dengan tegas jika diskriminasi terhadap etnis minoritas Muslim Rohingya dikatakan sebagai pembantaian dan pelanggaran HAM, berbagai pihak di berbagai negara tetap menyebutnya seperti itu.
Begitu juga dengan Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) Septian Fujiansyah Chaniago.

Septian bahkan mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Myanmar terhadap Muslim Rohingya merupakan salah satu kejahatan kemanusiaan terburuk sepanjang sejarah.

"Krisisnya rohingya yang terjadi beberapa dekade terakhir ini telah menorehkan sejarah buruk di Myanmar atas kejahatan kemanusiaan yang sangat kejam di dunia yang telah menewaskan ada 1.000 orang yang telah dibunuh oleh tentara Burma (Myanmar)," katanya kepada RMOLSumut.com, Kamis (7/9).

"Bahkan mungkin jumlah korban tewas tersebut jauh lebih tinggi," sambungnya.

Selain korban tewas, ujar Septian, Rohingya Muslim yang terpaksa mengungsi ke negara tetangga juga sangat memprihatinkan.

"Hal ini juga disampaikan oleh PBB ada sekitar 38.000 warga Rohingya mengungsi sejak bentrokan terjadi Jumat (25/8). Sebagian besar mendirikan tenda darurat di daerah perbatasan Myanmar dan Bangladesh," tandasnya. [sfj]

Komentar Pembaca