>

Pelanggaran Hukum Kenaikan Tarif PDAM Tirtanadi Harusnya Dipertanyakan Lewat Hak Angket di DPRD Sumut

OPINI  SELASA, 26 SEPTEMBER 2017 , 16:34:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Pelanggaran Hukum Kenaikan Tarif PDAM Tirtanadi Harusnya Dipertanyakan Lewat Hak Angket di DPRD Sumut

Padian Adi Siregar/RMOLSumut

RMOLSumut. Sikap Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi yang tidak kunjung membatalkan SK Gubsu No. 188.44/732/KPTS/2016 tentang kenaikan Tarif Air seharusnya disikapi oleh DPRD Sumut dengan mengajukan hak angket. Sebab, DPRD Sumut merupakan pihak yang ikut dilecehkan oleh gubernur terkait penetapan kenaikan tarif tersebut.

Demikian disampaikan Sekretaris  Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK), Padian Adi Siregar menyikapi berlanjutnya pelanggaran hukum tentang kenaikan tarif air yang menurutnya sudah berlangsung 5 bulan terakhir.

"Semua lembaga konsultasi merekomendasikan untuk membatalkan kenaikan tarif yaitu Ombudsman, Kemendagri dan Komisi C DPRD Sumut. Namun faktanya, mereka tidak digubris oleh Gubernur," katanya, Selasa (26/9).

Padian menjelaskan, bukan hanya lembaga-lembaga tersebut yang dilecehkan oleh gubernur. Lembaga peradilan yakni PTUN Medan yang sudah memanggil Gubernur terkait gugatan atas kenaikan tarif tersebut hingga saat ini juga tidak pernah dihargai. Padian yang juga bagian dari tim kuasa hukum penggugat kenaikan tarif PDAM Tirtanadi oleh Anggota Komisi C DPRD Sumut, Muchrid Nasution mengatakan gugatan sudah didaftarkan sejak Juli 2018 alu dan sudah 7 kali panggilan persidangan. Namun belum sekalipun dihadiri oleh Gubernur T Erry Nuradi.

"Gubsu dalam hal ini  tidak taat hukum dan berusaha memperlambat proses selesainya gugatan ini.


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds