>

TFCA: Masyarakat Diseputar Hutan Harus Diedukasi Soal Bisnis Tanpa Merambah Hutan

Rumah Kaca  SENIN, 06 NOVEMBER 2017 , 18:52:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

TFCA: Masyarakat Diseputar Hutan Harus Diedukasi Soal Bisnis Tanpa Merambah Hutan

TFCA/RMOLSumut

RMOLSumut. Koordinator Fasilitator Wilayah (Faswil) Tropical Forest Conservation Action for Sumatera (TFCA), Hamdan mengatakan edukasi mengenai bisnis tanpa merusak kawasan hutan menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan hutan dari aksi perambahan warga terutama yang berdomisili diseputar kawasan hutan. Hal ini disampaikannya terkait masih banyaknya keterlibatan masyarakat dalam merusak kawasan hutan.
"Tidak dipungkiri bahwa, salah satu penyebab masyarakat disekitar kawasan itu terlibat merambah karena masalah ekonomi dan ini menjadi salah satu pilar program dari TFCA," katanya, Senin (6/11).

Hamdan menjelaskan, beberapa model yang mereka upayakan agar masyarakat tidak lagi masuk ke dalam kawasan konservasi, termasuk ikut melakukan perambahan adalah pendampingan dengan mengenalkan konsep-konsep bisnis yang tidak merusak hutan. Diantara dengan mengenalkan metode yang disebut hasil hutan bukan kayu (HHBK), kemudian program hutan forestry (pemanfaatan keuntungan dari hutan) hingga pendekatan pertanian kehutanan.

"Intinya selain kita mendampingi mereka dalam menjaga kepentingan ekonomi, namun kita juga membangun kesadaran agar mereka juga aktif dalam menjaga hutan itu sendiri," ujarnya.

Beberapa program pengenalan bisnis dikawasan hutan ini menurut Hamdan akan mereka masukkan sebagai bagian dari kegiatan pada Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera (AKSIS) 2017 yang digelar di Lapangan Merdeka, Medan pada 20-22 November 2017 mendatang. Kegiatan ini menjadi ajang kampanye untuk konservasi hutan tropis di Sumatera.[rgu]

Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds