Sosiolog: Masyarakat Deliserdang Butuh Calon Independen

Politik  KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 17:51:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Sosiolog: Masyarakat Deliserdang Butuh Calon Independen

Rholand Muary

RMOLSumut. Seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Deliserdang, memberikan dukungannya kepada Ashari Tambunan-Yusuf Siregar pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Deliserdang 2018-2023.
Meski seluruh partai politik mengarahkan dukungannya kepada pasangan tersebut, melawan "kotak kosong" berpotensi terhindar pada Pilbup Deliserdang.

Pasalnya, ada dua pasangan bakal calon yang menempuh jalur independen atau perseorangan. Pasangan tersebut adalah Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin.

Sosiolog UIN SU Rholand Muary menilai, pasangan bakal calon independen tersebut akan memberikan warna politik dalam aktivitas berdemokrasi masyarakat Deliserdang.

"Jalur independen yang mendaftar pasangan Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan - Zainal Abidin memberikan warna politik Deliserdang. Karena kondisinya seluruh pertai sudah meminang pasangan petahana, jika pasangan independen tidak lolos, artinya Pilkada Deliserdang pertarungan antara Incumbent dan kotak kosong," katanya saat diwawancarai RMOLSumut.com, Kamis (11/1).

Bakal calon dari jalur independen tersebut, jelas Rholand, sangat penting dalam uapaya menegakkan hak berdemokrasi masyarakat Deliserdang.

"Jika itu terjadi, substansi demokrasi tidak berjalan,  karena calon kepala daerah berdasarkan rumusan parpol bukan rumusan aspirasi dari masyarakat," jelasnya.

Dalam setiap pilkada, tegas Rholand, kepentingan masyarakat berada di atas kepentingan partai politik.

Bakal calon dari jalur independen tersebut, akan menegaskan bahwa kepentingan masyarakat Deliserdang berada di atas kepentingan partai politik.

"Maka seharusnya demokrasi dalam pilkada memberikan menu-menu politik yang beragam bagi masyarakat. Kalau semua partai sudah merapat ke petahana, maka calon independen menjadi alternatif pilihan masyarakat. Pilkada akan berjalan sesuai kepentingan masyarakat karena ada pilihan-pilihan politik tersebut," tandas Rholand. [sfj]

Komentar Pembaca
JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 19:00:00

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 17:00:00

Jokowi Manfaatkan Golkar

Jokowi Manfaatkan Golkar

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 15:00:00

Ucapan Selamat Tahun Baru 2018

Ucapan Selamat Tahun Baru 2018

JUM'AT, 08 DESEMBER 2017 , 11:37:00

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

MINGGU, 07 JANUARI 2018 , 14:08:00

Ketum Hanura di Pesta Bobby-Kahiyang

Ketum Hanura di Pesta Bobby-Kahiyang

JUM'AT, 24 NOVEMBER 2017 , 15:37:00