DPRD Sumut Gagas Perda Penjualan BBM Tertentu

Ekonomi  JUM'AT, 12 JANUARI 2018 , 14:42:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

DPRD Sumut Gagas Perda Penjualan BBM Tertentu

Aripay Tambunan/RMOLSumut

RMOLSumut. DPRD Sumatera Utara akan menggagas peraturan daerah mengenai penjualan BBM. Hal ini dilakukan mengingat hingga saat ini masih terjadi perbedaan harga BBM terutama di daerah-daerah terpencil yang jauh dari SPBU milik pertamina.
Sekretaris Komisi B DPRD Sumatera Utara, Aripay Tambunan mengatakan dalam perda ini mereka akan membahas aturan mengenai tata cara distribusi BBM hingga ke daerah terpencil hingga mencegah adanya perbedaan harga.

"Selama ini kan perbedaan harga karena persoalan biaya yang dikeluarkan dalam penyaluran BBM hingga ke pelosok. Nah, dalam perda ini nanti kita akan buat aturan agar dibuat depo khusus pada daerah-daerah pelosok dimana tanggung jawab distribusi ke sana menjadi tanggung jawab pertamina. Kalau selama ini tanggung jawab mereka kan hanya sampai pada SPBU saja," kataya kepada RMOLSumut.com, Jumat (12/1).

Politisi PAN ini menjelaskan, dari berbagai laporan yang mereka terima, masyarakat selalu mengeluhkan adanya kenaikan harga BBM pada daerah-daerah pelosok. Hal ini menurutnya tidak dipungkiri mengingat para pedagang BBM juga mengeluarkan biaya tambahan untuk mengangkut BBM tersebut dari SPBU yang biasanya tempatnya jauh.

"Kita menilai perbedaan harga ini menjadi lumrah karena penjual BBM di pelosok juga mengeluarkan biaya untuk mengangkut BBM dari SPBU menggunakan jerigen. Kan nggak mungkin harganya tetap sama dengan di SPBU. Disisi lain, pemerintah selalu menyampaikan wacana BBM satu harga. Nah, karena itulah kita ingin mencoba menggagas perda ini, supaya wacana BBM satu harga bisa dicapai," ungkapnya.

Dalam menyusun gagasan Perda ini, DPRD Sumut menurut Aripay akan melakukan berbagai kajian terkait kebijakan seputar masalah penyaluran BBM yang ada.[rgu]


Komentar Pembaca
Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00