Punya Mamografi, RS USU Permudah Masyarakat dalam Mendeteksi Kanker dan Tumor

Kesehatan  RABU, 17 JANUARI 2018 , 18:45:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Punya Mamografi, RS USU Permudah Masyarakat dalam Mendeteksi Kanker dan Tumor

Foto/RMOL Sumut

RMOLSumut. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya di bidang kanker dan tumor, Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) mengoperasikan alat pendeteksi kanker dan tumor, Mamografi.
Mamografi adalah tipe khusus dari pencitraan yang menggunakan mesin rontgen dosis rendah untuk memeriksa payudara, menunjukkan jaringan, kelenjar, lemak, dan pembuluh darah di bawah kulit payudara.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. dr. Abdul Rasyid, Sp.Rad, Ph.Ddr, ahli Radiologi RS USU di Medan, Selasa (16/01/2018).

"Keberadaan alat itu sangat dibutuhkan mengingat ancaman terbesar saat ini adalah kanker payudara yang menduduki peringkat nomor 2 terbanyak diderita pada wanita karena dugaan faktor genetika," katanya.

Sementara pembunuh nomor satu di dunia dalah kanker serviks dan Indonesia menjadi negara nomor satu di dunia yang paling banyak warganya terkena kanker serviks.

Dalam kesempatan terpisah dr Riyadh Ikhsan mewakili Dirut RS USU Dr dr Syah Mirsa Warli, SpU  menyambut baik penggunaan alat Mamografi itu.

Dr Riyadh menyampaikan apresiasinya dan menyatakan dengan keberadaan  mamografri ini akan mampu mendeteksi secara dini keberadaan penyakit kanker dan tumor.

"Dan masyarakat Sumut dapat melakukan pemeriksaan secara dini sehingga dapat dilakukan pencegahan penyakit itu menjadi meluas," tandasnya. [sfj]



Komentar Pembaca
Banyak Orang Salah Paham Situasi Semenanjung Korea
Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 10:00:00

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

SELASA, 20 FEBRUARI 2018 , 15:00:00

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

MINGGU, 07 JANUARI 2018 , 14:08:00

Diarak Pendukung

Diarak Pendukung

KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 11:11:00

ERAMAS Naik Betor

ERAMAS Naik Betor

SENIN, 08 JANUARI 2018 , 17:11:00