Pembinaan Usia Dini, Bukan Sekedar Asal Main Saja

Oleh: Muhammad Zeinizen

Olahraga  RABU, 17 JANUARI 2018 , 19:07:00 WIB

Pembinaan Usia Dini, Bukan Sekedar Asal Main Saja

Ilustrasi/Net

RMOLSumut. Sepakbola adalah bahasa universal dan semua pihak akan sangat mahfum bahwa sepakbola akan menyatukan semua rasa dan bahasa menjadi satu perasaan yang sama. Ada banyak seni dan drama yang berlangsung selama pertandingan 2 x 45 menit. Dan itu semua kita sepakat, sepakbola menyatukan kita.

Untuk membangun sebuah tim sepakbola yang tangguh tentu tidak semudah yang digambarkan. Sekedar punya pemain dan kemudian dibiarkan bermain. Namun lebih dari itu adalah bagaimana membangun dari sejak dini hingga kemudian menjadi sebuah tim yang tangguh. Dan sampai hari ini, Indonesia belum mampu membangun sebuah tim nasional yang tangguh dan memberikan prestasi yang membangkan. Apa yang salah?

Mindset

Semuanya dimulai dengan mengubah pola pikir kita masing-masing untuk membangun sepak bola Indonesia, khususnya di pembinaan usia dini. Jelas terlihat bahwa kita semua masih harus bekerja keras dalam membangun sepak bola nasional, terlebih masalah mindset ini pun nampaknya masih saling berbenturan dalam tubuh PSSI selaku penggerak roda sepak bola negeri ini.

Hasil pertandingan tentunya bukan menjadi sebuah masalah. SSB USU konsisten bermain sepakbola sesuai usianya di setiap pertandingan. Saya pribadi sangat mengapresiasi hasil kerja mereka. Hanya saja,saat menyaksikan pertandingan final kejuaraan sepakbola PSSBU di Lapangan Tandem,  saya jadi teringat masa masa kecil ketika selesai bermain kemudian menang taruhan kalau menang dapat uang Rp 25.  Saat itu kita main di waktu normal dan kalau sudah sampai waktu Magrib dan hasilnya masih 0-0 kita akan melanjutkan pertandingan dengan adu tendatangan pinalti. Tetapi kalau masih mencukupi waktunya maka kita akan main perpanjangan waktu.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds