Setelah Surplus Konsumsi Listrik justru Meningkat di Sumut

Ekonomi  SABTU, 20 JANUARI 2018 , 09:16:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Setelah Surplus Konsumsi Listrik justru Meningkat di Sumut

PLN/Net

RMOLSumut. Masuknya kapal pembangkit listrik dari Turki membuat pasokan listrik di Sumut mengalami surplus. Namun hal ini justru langsung membuat konsumsi listrik meningkat drastis.
Data dari pihak PLN menyebutkan peningkatan atau pertumbuhan yang paling signifikan di segman listirk perusahaan industri I 4 (daya di atas 30.000 kVA) mencapai 95 persen.

"Konsumsi listrik kita meningkat, terutama di segman listirk perusahaan industri I 4 sampai 95 persen. Selain itu juga, kapal listrik asal Turki Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan juga sangat membantu pasokan listrik kita," kata Humas PLN Wilayah I Sumut, Abdul Rahman, Jumat (19/1).

Abdul Rahman menjelaskan trend peningkatan tersebut disebabkan banyaknya industri yang langsung beralih ke listrik dari PLN karena ketersediaan yang sudah mencukupi tersebut.

"Pertimbangannya mungkin listrik dari kita lebih hemat dari yang lain," ucapnya.

Lebih lanjut, Abdul Rahman menjelaskan bahwa sebelum listrik mancapai surplus. Pihak PLN hanya mampu memberikan kebutuhan listrik kepada perusahaan industri I 4 sekitar 35 persen. Namun saat ini mereka sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan industri.

"Beberapa perusahaan industri I 4 seperti, PT. Growth Sumatera di Jalan K.L. Yos Sudarso Km.10, Medan, PT. Gunung Gahapi Sakti, di Jalan Medan-Belawan Km.10, Medan, dan PT. Agincourt Resources, di Kecamatan Batang Toru, Tapanuli Selatan. Ketiga perusahaan tersebut sudah menggunakan listrik dari PLN.

Selain untuk perusahaan industri I 4, pihak PLN juga sudah siap menyalurkan listriknya kepada investor.

"Kalau ada investor kita siap menyuplai listrik kita. Apalagi saat beberapa pembangkit baru akan masuk kedalam sistem PLN Sumut dan tambah dengan kapal listrik MVPP," pungkas Abdul Rahman.[rgu]

Komentar Pembaca
Banyak Orang Salah Paham Situasi Semenanjung Korea
Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 10:00:00

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

SELASA, 20 FEBRUARI 2018 , 15:00:00

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

MINGGU, 07 JANUARI 2018 , 14:08:00

Diarak Pendukung

Diarak Pendukung

KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 11:11:00

ERAMAS Naik Betor

ERAMAS Naik Betor

SENIN, 08 JANUARI 2018 , 17:11:00