STIPAP Tanam Pohon Di Bantaran Sungai

Rumah Kaca  SENIN, 22 JANUARI 2018 , 09:35:00 WIB | LAPORAN: TOPAN BILARDO MARPAUNG

STIPAP Tanam Pohon Di Bantaran Sungai

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Minimnya ruang terbuka hijau di kota Medan menjadi salah satu agenda  yang dilakukan mahasiswa STIPAP (Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan) dalam melakukan penghijauan di kota Medan dan sekitarnya.
Kegiatan peduli penghijauan yang dilaksanakan dua hari ini dimulai di bantaran sungai Tembung kecamatan Percut Sei Tuan dan bantaran sungai Deli yang tepatnya di area Taman Bacaan AL-AZHARI Kecamatan Martubung, Minggu (21/1).

Selamat Riadi selaku dosen STIPAP dan juga candidat Doktor Ilmu Komunikasi di UINSU mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai proses pembelajaran untuk peduli lingkungan dan membentuk karakter sosial kemasyarakat dalam menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan.

Dalam kegiatan peduli penghijauan ini STIPAP menanam pohon produksi seperti pohon rambutan, jengkol, rambe, jambu, durian, sirsak, pokat, aren dan nangka. "Pohon -pohon yang ditanam di bantaran sungai Deli dan Tembung adalah pohon yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar bantaran sungai," kata Selamat Riadi.

Penanam pohon ini juga mengajak masyarakat kota Medan dan sekitarnya untuk lebih peduli dengan lingkungan dan juga sebagai media belajar bagi mahasiswa dan pelajar. Rusaknya ekosistem sepanjang aliran sungai dan lahan terbuka hijau di kota Medan dan sekitarnya sudah sangat memperihatinkan, hal ini yang membuat STIPAP untuk menjadikan peduli penghijauan ini sebagai agenda yang terus dilakukan.

"Seringnya banjir dikota Medan yang disebabkan tidak adanya resapan air menjadi masalah utama di kota ini, hal ini juga yang membuat kami untuk mengagendakan kegiatan ini menjadi agenda STIPAP kedepan dalam peduli lingkungan," kata Selamat Riadi.

"Pohon-pohon yang ditanam ini bukan hanya sebagai penahan erosi saja tetapi juga diharapkan dapat dimanfaatkan orang banyak," tutup Selamat Riadi.[rgu]

Komentar Pembaca
Talang Dilapis Bulan

Talang Dilapis Bulan

KAMIS, 01 FEBRUARI 2018

Pada Sebuah Gerhana Yang Paling Sederhana
Negeri Katanya

Negeri Katanya

KAMIS, 18 JANUARI 2018

LGBT Mengancam Generasi Penerus Bangsa
Sajak Paman Donald

Sajak Paman Donald

SELASA, 19 DESEMBER 2017

Kampanye Pelestarian Hutan Lewat Kopi

Kampanye Pelestarian Hutan Lewat Kopi

SENIN, 11 DESEMBER 2017

Banyak Orang Salah Paham Situasi Semenanjung Korea
Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

Nongkrong Politik, Semua Bisa Bicara

RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 10:00:00

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

DPR Dukung PWI Uji Materi UU MD3

SELASA, 20 FEBRUARI 2018 , 15:00:00

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto

MINGGU, 07 JANUARI 2018 , 14:08:00

Diarak Pendukung

Diarak Pendukung

KAMIS, 11 JANUARI 2018 , 11:11:00

ERAMAS Naik Betor

ERAMAS Naik Betor

SENIN, 08 JANUARI 2018 , 17:11:00