Panduan Sederhana Bagi Anak Muda, Mendeteksi Berita Bohong/Hoax

Lifestyle  SABTU, 03 FEBRUARI 2018 , 13:52:00 WIB | LAPORAN: KIKI RISMADI

Panduan Sederhana Bagi Anak Muda, Mendeteksi Berita Bohong/Hoax

Net /Foto

RMOLSumut. Setiap kali kita membuka media online, hal yang selalu kita lihat sekarang ini adalah orang berlomba-lomba merebut perhatian kita. Baik itu teman-teman, orang asing, bisnis, organisasi politik, lembaga amal, dan situs web berita menyajikan  gambar-gambar, video dan artikel-artikel yang memikat pandangan, ke mana pun Anda mencari informasi Google, Twitter, Facebook, Snapchat, Instagram, atau YouTube.

Namun untuk menarik perhatian kita, tidak semua pemilik akun media internet tersebut merasa wajib mengatakan yang sebenarnya, apalagi kita tidak selalu bisa mengandalkan platform media sosial untuk menyaring berita kebohongan atau kabar-kabar yang secara khusus dirancang untuk menyesatkan atau sengaja memberi orang informasi yang salah.

Sebuah tim penelitian di Inggris yang dilakukan selama enam bulan di Universitas Salford dan CBBC Newsround yang bekerja untuk memahami dampak berita bohong terhadap anak-anak muda. Penelitian dilakukan melalui berbicara dengan 300 anak muda berusia antara 9 dan 14 tahun untuk mencari tahu bagaimana mereka menghadapi berita bohong/hoax dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan dampaknya terhadap mereka sewaktu mereka tumbuh dewasa.

Hasilnya didapati bahwa anak-anak muda sangat memerlukan alat untuk membantu mereka menyaring berita yang ada di media sosial. Dan yang paling penting, anak-anak muda harus bisa mempercayai apa yang mereka dengar dan lihat di sekeliling mereka saat mereka tumbuh.

Jika anak muda tidak mempercayai apa yang mereka baca itu benar, maka kepercayaan mereka perlahan akan terkikis dan kemudian mereka bisa berhenti percaya apa pun. Efek jangka panjang menjadikan mereka tidak peduli sebagai bagian dari perdebatan besar baik itu mengenai permasalahan atau berita politik, kebudayaan, dan masyarakat di mana mereka tinggal.


Komentar Pembaca
#PolitisiOnTheRoad: Menggugat Surya Paloh Karena Sayang
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

Papan Bunga 'Pembunuhan Janda'

SELASA, 23 OKTOBER 2018 , 14:29:00

Bercanda Bareng Warga

Bercanda Bareng Warga

SENIN, 22 OKTOBER 2018 , 08:56:00

Salat Ghaib

Salat Ghaib

JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:44:00



The ads will close in 10 Seconds