Manfaat Tertawa Bagi Tubuh

Lifestyle  SENIN, 05 FEBRUARI 2018 , 13:21:00 WIB | LAPORAN: KIKI RISMADI

Manfaat Tertawa Bagi Tubuh

Net/Foto

RMOLSumut. Tertawa adalah salah satu reaksi tubuh saat menyaksikan sesuatu yang (menurutnya) lucu. Akan tetapi jika kita lihat dengan benar gaya tertawa setiap orang bisa berbeda satu sama lain.
Menurut Robert R. Provine, PhD, pakar perilaku neurobiologis asal University of Maryland di Baltimore, dilansir dari WebMD. "Tertawa merupakan mekanisme yang dimiliki setiap orang, karena tawa adalah bagian dari kosa kata universal yang dimiliki manusia. Ada ribuan bahasa dan ratusan ribu dialek di dunia ini, tapi semua orang tertawa dengan cara yang hampir sama".

Lantas apa yang dapat memicu orang untuk tertawa? "Biasanya hal-hal yang spontan dan tanpa sensor yang jadi pemicunya. "Ketika tertawa kita memancarkan suara dan mengekspresikan luapan emosi primitif yang berasal dari dalam tubuh kita,” lanjut Provine

Manusia bisa tertawa sekitar 30 kali lebih banyak saat mereka dikelilingi orang lain daripada saat mereka sendirian.

Provine kemudian juga membeberkan bagaimana gaya tertawa perempuan dan laki-laki bahkan juga bisa berbeda. Setelah mengamati hampir 1.200 orang secara acak di berbagai lingkungan sosial (mall, kampus, penyeberangan jalan, dan sebagainya). Ia menemukan bahwa wanita bisa tertawa lebih sering daripada pria.

Temuan Provine menunjukkan wanita memiliki antusiasme yang lebih tinggi dan bisa tertawa 126% lebih sering daripada orang yang mereka ajak bicara. Kebalikannya dengan pria. Penutur laki-laki lebih pilih-pilih teman bicara untuk diajak tertawa, dan akan tertawa lebih banyak saat bercakap-cakap dengan sesama teman laki-laki mereka daripada dengan pendengar wanita.

Bentuk tertawa ternyata bermacam macam seperti ada yang terbahak-bahak, cekikikan, terkekeh, bahkan ada pula yang bisa tertawa lepas tapi tidak mengeluarkan suara sama sekali

Dibalik gaya tertawa yang berbeda-beda, ada banyak manfaat dari tertawa. Tak hanya menyenangkan hati, tertawa juga bermanfaat untuk kesehatan Misalnya saja, rajin tertawa menurunkan tekanan darah. Ketika Anda tertawa, aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh akan lebih lancar dan produksi oksigen ikut meningkat dalam peredaran darah. Turunnya tekanan darah karena tertawa sekaligus membantu melindungi Anda dari risiko stroke dan masalah jantung.

Selama tertawa, otak juga memperbanyak produksi hormon endorfin yang merupakan penghilang rasa sakit alami. Endorfin juga dapat merangsang mood bahagia, sehingga membantu menangkal stres dan pikiran-pikiran negatif.

Berkat pelepasan hormon endorfin ini, tertawa juga digandang menjadi terapi alternatif yang baik untuk pasien kanker. Efektivitas terapi tawa bahkan dilaporkan memiliki efek yang setara dengan obat penenang bagi orang yang memiliki gangguan jiwa, tapi tanpa disertai efek samping obat. Memiliki selera humor dipercaya mampu membantu menetralkan segala bentuk negatif di dalam kehidupan yang dapat mengakibatkan depresi. [krm]




Komentar Pembaca

"Jokowi" Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 19:00:00

Jokowi Terpelanting, #2019GantiPresiden

Jokowi Terpelanting, #2019GantiPresiden

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Sri Mulyani Menyesatkan!

Sri Mulyani Menyesatkan!

SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00