PDIP Jadi Tertuduh

Jon Show  SELASA, 13 FEBRUARI 2018 , 11:07:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

PDIP Jadi Tertuduh
BEGITULAH... pasangan JR Saragih-Ance Selian dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Sumatera Utara karena legalisir fotocopy ijazahnya dinyatakan tidak valid. Sekali lagi legalisir foto copy ijazah SMA milik JR Saragih.
Berita ini sontak menjadi konsumsi nasional sebagian besar menyebutnya tak wajar dan lebih mengarah pada intrik politik. Alasan mereka cukup masuk akal, bagaimana mungkin seorang JR Saragih yang pernah menjadi perwira TNI, kemudian dua periode menjadi bupati Simalungun ternyata masih bermasalah dengan dokumen pendidikannya.

Apalagi runyam persoalan ini juga sudah pernah berproses hingga pengadilan dan putusan dari Mahkamah Agung menyatakan tidak ada masalah dengan dokumen-dokumen pendidikan JR Saragih.

Setelah alasan yang didasarkan pada logika ini.

Muncul pula selentingan yang mulai mengarahkan opini bahwa ini semua merupakan trik politik. Yang dituduh adalah pasangan Djarot-Sihar dengan alibi yang tentunya juga menurut hemat saya sangat politis. Mereka menyebut kasus peralihan dukungan PKPI saat pendaftaran kemarin menjadi indikasi awal adanya upaya pasangan ini menjegal JR Saragih.

 Saat pendaftaran kala itu memang JR Saragih nyaris saja tak cukup perahu jika sampai terlambat mendaftar ke KPU Sumut. Dalam pendaftarannya JR Saragih mengantongi dukungan dari Demokrat, PKPI dan PKB dengan total kursi 20, alias pas memenuhi syarat minimal.

Hanya selang beberapa jam, pasangan Djarot-Sihar masuk dan mendaftar dengan mengklaim mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan, PPP dan PKPI dengan total 23 kursi.

Untungnya aturan KPU menyebutkan dukungan partai tidak boleh dialihkan setelah pasangan calon mereka mendaftar ke KPU.

Selamatlah JR Saragih-Ance Selian kala itu.

Lantas saya berfikir. Apa pula urusan Djarot-Sihar menjegal JR Saragih-Ance Selian? Kenapa pula bukan Edy-Ijeck yang tertuduh? katanya ini karena basis pemilih. Ulasan baru yang saya kira tetap akan melahirkan opini baru tak berujung. [jonshow]



Komentar Pembaca