>

Polda Sumut Bentuk Satgas Nusantara Tangani Isu Provokatif di Pilkada 2018

Pilkada Sumut 2018  KAMIS, 15 FEBRUARI 2018 , 12:45:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Polda Sumut Bentuk Satgas Nusantara Tangani Isu Provokatif di Pilkada 2018

Net/Foto

RMOLSumut. Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara membentuk satuan tugas (satgas) yang khusus melakuan analisis berbagai hal provokatif dengan mendasarkan isu primordial. Satgas ini menurut Kapolda Sumut, Irjen Pol Paulus Waterpauw menjadi bagian penting bagi mereka untuk mencegah munculnya konflik sosial akibat isu primordial yang muncul ditengah masyarakat.
"Satgas Nusantara bertujuan meminimalisir isu provokatif primordialisme, sehingga tidak berkembang menjadi konflik sosial. Satgas ini sudah terbentuk hingga tingkat Polres dimana implementasinya dilakukan dengan dua cara yakni soft approach dengan pendekatan edukatif. Kemudian hard approach atau penegakan hukum yang proporsional," katanya.

Kapolda menjelaskan, selain pembentukan satgas nusantara ini jajaran Polda Sumut juga telah melakukan operasi Mantap Praja 2018 yang tujuannya untuk cipta kondisi keamanan pada Pilkada 2018. Pihak kepolisian menurutnya sangat fokus pada jaminan keamanan dengan melakukan berbagai langkah pencegahan hingga langkah penegakan hukum.

"Dalam masa kampanye misalnya kita tetap menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang melanggar aturan. Postingan SARA yang dilakuan oleh orang tidak bertanggung jawab baik secara langsung maupun anonim lewat dunia maya. Tindakan ini merusak semangat demokrasi yang harus dihindari," ujarnya.

Ia menegaskan seluruh bentuk gangguan keamanan akan tindak sesuai dengan kebutuhan yang ada, demi menjaga berlangsungnya proses Pilkada 2018 di Sumatera Utara.[krm]


Komentar Pembaca
Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

Luhut Beri Hormat Pada ibu Ani Yudhoyono

SABTU, 01 JUNI 2019 , 19:43:00

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

Istri Gubernur Sambangi Kaum Dhuafa

SABTU, 25 MEI 2019 , 22:41:00

Sidak Kantor Samsat

Sidak Kantor Samsat

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:19:00



The ads will close in 10 Seconds