Digelar Datuk Melayu, Soekirman Resmikan Pakaian Adat Melayu untuk ASN Sergei

Sosial  JUM'AT, 16 FEBRUARI 2018 , 11:31:00 WIB

Digelar Datuk Melayu, Soekirman Resmikan Pakaian Adat Melayu  untuk ASN Sergei
RMOLSumut. Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Serdang Bedagai segera memiliki baju dinas berbahan songket.
Sesuai dengan Peraturan Bupati No. 63 Tahun 2017 tentang pedoman pakaian dinas ASN dan Tenaga Kontrak di lingkupan Pemkab Serdang Bedagai, ASN setempat segera menggunakan pakaian adat melayu.

"Pada hari ini kita seperti "Hari Raya" karena kompak menggunakan baju adat Melayu, yang pria menggunakan pakaian teluk belanga sedangkan wanitanya berbaju kurung" kata Bupati Sergei Soekirman saat peluncuran pakaian adat ASN di Seirampah.

Dikatakan Soekirman, pakaian dalam budaya Melayu harus mampu menunjukkan jati diri pemakainya dan pakaian merupakan salah satu simbol yang mencerminkan karakter budaya yang bukan hanya sekedar kain melainkan rekam-jejak sejarah, pemikiran dan juga keyakinan.

Pakaian Melayu juga dikaitkan dengan fungsinya yaitu bahwa pakaian sebagai penutup malu, pakaian sebagai penjemput budi, dan pakaian sebagai penjunjung adat, pakaian sebagai penolak bala dan kelima pakaian menjunjung bangsa.

Dalam peresmian itu, Soekirman juga didaulat dengan sebuah gelar penghormatan dari puak melayu.

"Merupakan sebuah penghormatan terbeaar juga karena saya telah dianugerahi gelar Datuk Setia Amar Negeri dan Wakil Bupati Darma Wijaya gelar Datuk Payung Negeri oleh Pangeran Kerajaan Bedagai," katanya. [hta]



Komentar Pembaca