Ronggolawe Gelar Kontes Kicau Burung di Kota Binjai

Lifestyle  MINGGU, 18 FEBRUARI 2018 , 18:48:00 WIB | LAPORAN: PUTRA

Ronggolawe Gelar Kontes Kicau Burung di Kota Binjai

Foto/RMOL Sumut

RMOLSumut. Kontes mini kicau burung bersama BSC BC- Ronggolawe Binjai, digelar di lapangan BSC BC, Gang Keluarga, Jalan Danau Maninjau, Kecamatan Binjai Utara, Minggu (18/2), dimulai pukul 10.30 s/d selesai.
Kontes yang mempertandingkan 31 kelas itu,sedikitnya diikuti oleh 700 peserta, memperebutkan trophy dan uang tunai jutaan rupiah, serta piagam penghargaan.

Ketua Panitia Ronggolawe Binjai dalam kontes kicau burung ini, Nata Paca mengatakan, adapun tujuan digelar kontes ini guna mengenang legenda Sekjen Kicau Mania Ronggolawe DPW Sumut (Alm) Didi Prawira, yang meninggal dunia sekitar 2 bulan yang lalu.

"Sedikitnya ada 700 peserta yang mengikuti kontes ini. Untuk hadiah kita siapkan jutaan rupiah, dan sebagian dari hasil pendaftaran akan kita sumbangkan ke pihak keluarga almarhum," beber Nata Paca.

Lebih lanjut dikatakan Nata Paca, kegiatan kontes kicau burung serupa rutin digelar, untuk semua kelas burung.
 
"Untuk setiap hari Selasa, kita pertandingkan Love Bird, hari Jumat kelas Next Show dan di gelar pada malam hari, sedangkan untuk Lapresh di adakan setiap sebulan sekali," pungkas Nata, sembari terus memberi instruksi kepada para pemain untuk meletakkan burung jagoannya di tempat kontes yang telah disediakan.

Untuk para peserta, lanjut Nata Paca, selain dari kota Binjai, ada juga dari luar dari daerah seperti Kota Medan, Tebing Tinggi, Tanjung Pura dan Gebang. Sedangkan untuk penilaian dilakukan oleh juri-juri Ronggolawe yang sudah berpengalaman.

"Pada kontes kali ini, ada 31 kelas yang kita pertandingkan," ucapnya singkat.

Di tempat yang sama, salah seorang peserta kontes yang mengaku bernama Yudi, meapresiasi kegiatan kontes burung yang selalu digelar oleh organisasi Ronggolawe yang sudah cukup terkenal di seluruh Indonesia ini.

"Di Binjai, baru sekali ini safety. Artinya antara pemain, juri dan event organizing tidak ada gesekan," puji Yudi.

Ronggolawe adalah organisasi kicau mania yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, organisasi Ronggolawe juga tersebar di beberapa negara, seperti Brunai Darussalam dan Belanda. [sfj]


Komentar Pembaca