Jendela DUnia

Perusahaan Singapura Ciptakan Mata Uang Virtual Didukung Emas

Ekonomi  RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 16:24:00 WIB

Perusahaan Singapura Ciptakan Mata Uang Virtual Didukung Emas
RMOLSumut. Perusahaan fintech yang berbasis di Singapura HelloGold telah menerima sertifikasi untuk mata uang virtual yang didukung emas yang sepenuhnya sesuai dengan hukum Syariah.
Perusahaan telah diberi izin untuk mengoperasikan produk kriptocurrency GOLDX oleh konsultan keuangan Islam Amanie Advisors yang berbasis di Malaysia. Mata uang digital baru diperkenalkan oleh HelloGold pada akhir 2017.

Menurut chief marketing officer Manuel Ho seperti dimuat Russia Today, tidak seperti mata uang virtual lainnya, GOLDX melibatkan penerbitan token yang didukung oleh emas fisik yang disimpan di brankas di Singapura, dan transaksi harus diselesaikan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Syarat yang tercantum dilaporkan menjamin transparansi, kepastian dan kedekatan transaksi, yang merupakan prinsip dasar kontrak keuangan syariah.

Langkah tersebut dapat meningkatkan jumlah perusahaan fintech yang bersedia melakukan ekspansi ke pasar keuangan Islam, membuka wilayah-wilayah seperti Timur Tengah dan Asia Tenggara.

Tahun lalu, HelloGold meluncurkan aplikasi mobile berbasis blockchain di Malaysia. Aplikasi tersebut, yang memberi kesempatan kepada pengguna untuk membeli dan menjual emas kelas investasi fisik, juga disertifikasi oleh Amanie Advisors. Perusahaan berencana untuk memperluas platform emas online di Thailand akhir tahun ini, dengan pasar ketiga diperkirakan akan muncul pada akhir 2018.

HelloGold juga mengeksplorasi aset lain yang tidak ditentukan untuk teknologi blockchain-nya, yang melibatkan buku besar elektronik bersama yang memungkinkan pihak-pihak untuk melacak informasi transaksi melalui jaringan yang aman. [hta/rmol]




 


 

Komentar Pembaca