Menang Gugatan, Pasangan Sofyan-Jamilah Masih Temui Jalan Terjal di Pilkada Deli Serdang

Politik  RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 18:14:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Menang Gugatan, Pasangan Sofyan-Jamilah Masih Temui Jalan Terjal di Pilkada Deli Serdang

Foto/RMOLSumut

RMOLSumut. Meski sudah memenangkan sebagian gugatan di Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) namun pasangan dari calon independen di Pilkada Deli Serdang, Sofyan Nasution-Jamilah masih menemui jalan terjal. Hal ini terjadi setelah proses inpun data pendukung pasangan tersebut ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dimana jumlah dukungan kembali dinyatakan tidak memenuhi syarat.
"Gugatan di Panwaslih yang pertama sudah clear persoalan ini yakni 102 ribu surat dukungan sudah clear, namun saat data tersebut dimasukan ke Silon oleh operator dari ASN kembali lagi hanya menjadi 69 ribu," kata Konsultan Politik Sofyan, Yurial dalam keterangan persnya, Rabu (21/2).

Yurial menjelaskan, fakta terbaru ini membuat pasangan Sofyan-Jamilah sangat keberatan. Sebab pada gugatan sebelumnya Panwaslih sudah memutuskan bahwa jumlah berkas dukungan 102 ribu yang sudah clear dari total 195 ribu yang mereka serahkan pada awal.

"Ini tidak bisa diterusan karena akan merusak sendi demokrasi di Deli Serdang. Kami juga menyaksikan adanya intimidasi terhadap para pendukung Sofyan oleh perangkat pemerintah dalam hal ini Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengalihkan dukungannya. Ada 8 orang saksi yang menyatakan hal itu," ujarnya.

Beberapa bentuk intimidasi menurut Yurial antara lain yakni ancaman bagi siapa saja yang mendukung Sofyan-Jamilah terkait pengurusan dokumen kependudukan hingga ancaman tidak menyalurkan bantuan-bantuan dari pemerintah seperti raskin.

"Kami tidak terima ini dan kita akan terus melakukan gugatan dan selanjutnya kami akan mengadukan komisioner KPU Deli Serdang agar disidang ke DKPP," pungkasnya.[rgu]

Komentar Pembaca