>

Stop Politisasi Olahraga

Oleh: La Ode Mutakhir Bolu

OPINI  RABU, 21 FEBRUARI 2018 , 21:43:00 WIB

Stop Politisasi Olahraga
PRIIITTT...prittt...priitttt...!!!

Wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan final Piala Presiden 2018 yang dimenangkan oleh Tim Macan Kemayoran Persija Jakarta dengan skor 3-0 melawan Tim Serdadu Tridatu Bali United. Pada saat akan dilaksanakannya penyerahan piala pemenang oleh Bapak Presiden Joko Widodo, pembawa acara mengundang Bapak Presiden untuk menyerahkan Piala. Tampak Presiden Jokowi dan beberapa penonton kehormatan yang duduk di podium kehormatan juga ikut turun ke lapangan mendampingi Bapak Jokowi.

Terjadi suatu pemandangan yang di beberapa waktu kemudian banyak mengundang perhatian para netizen, yaitu ketika paspampres terlihat menghalangi Gubernur DKI Jakarta Bapak Anis Baswedan yang hendak mendampingi Presiden Jokowi turun ke lapangan untuk penyerahkan piala presiden.

Tidak sedikit netizen yang berkomentar bahwa tindakan paspampres ini adalah bentuk dari kesalahan prosedural protokoler sebagaimana yang diatur dalam UU tentang Keprotokolan. Bahkan lebih jauh dinyatakan oleh para netizen bahwa tindakan paspampres ini dianggap sebagai sebuah kesengajaan untuk menghalangi  Gubernur Anis Baswedan mendampingi Presiden Jokowi dalam menyerahkan piala kepada pemenang.

Akibat kejadian ini, untuk beberapa waktu pembicaraan seputar penghalangan ini menjadi viral di media sosial. Bahkan pembicaraan bernada politik seputar kejadian ini terlihat memiliki intens yang lebih tinggi daripada pembicaraan seputar olahraga nya sendiri. Pada kesempatan ini, dari sudut pandang sebagai pelaku dan pencinta olahraga, penulis tidak bermaksud membahas lebih jauh seputar kejadian penghalangan tersebut. Penulis lebih tertarik memberikan pandangannya bahwa saat ini dunia politik praktis sudah begitu jauhnya menintervensi dunia olahraga tanah air.


Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

Rachmawati Soekarnoputri Rangkul Golkar Dan PPP
Youth Enterpreneur Summit 2019

Youth Enterpreneur Summit 2019

SENIN, 08 APRIL 2019 , 11:26:00

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

PWI Sumut Apresiasi Asian Agri

KAMIS, 09 MEI 2019 , 18:24:00



The ads will close in 10 Seconds