Perdagangkan Bagian Tubuh Satwa Dilindungi, Warga Deli Serdang Dipenjara

Hukum  RABU, 07 MARET 2018 , 19:25:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Perdagangkan Bagian Tubuh Satwa Dilindungi, Warga Deli Serdang Dipenjara

Ilustrasi/Net

RMOLSumut. Penyidik dari Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) Wilayah Sumatera‎, melimpahkan kasus perdagangan satwa liar dilindungi kepada pihak Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu).

Bersama dengan pelimpahan kasus tersebut pihak Gakkum KLHK juga menyerahkan tersangka bernama M Ilyas alias Ilyas‎ warga Jalan Veteran Pasar IV Dusun 7 Desa Helvetia, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Deli Serdang bersama barang bukti lainnya berupa satu lembar kulit harimau sumatera berukuran panjang 95 cm dan lebar 35 cm. Berikutnya, sebuah kalung dari kuku harimau, dua dompet dan dua tali pinggang kulit harimau, serta dua kulit harimau berbentuk tapak kaki.

Kemudian lima taring beruang, yang empat taring tersebut telah dilengkapi ring ornamen, tiga kuku beruang dengan ornamen, empat kuku macan dahan, dan tas selempang kulit macan.

"Iya benar kita sudah menerima pelimpahan tahap dua kasus perdagangan satwa liar dilindungi yang ditangani penyidik Gakkum KLHK Wilayah Sumatera," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejati Sumut, Sumanggar Siagian.

Atas perbuatannya, tersangka Ilyas dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 jo pasal 21 ayat 2b Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam, hayati dan ekosistem. Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.


Komentar Pembaca
Trauma Healing Garudafood Untuk Korban Tsunami Selat Sunda
Pantau Persiapan Natal Nasional

Pantau Persiapan Natal Nasional

RABU, 26 DESEMBER 2018 , 10:31:00

Evakuasi Taft Tenggelam

Evakuasi Taft Tenggelam

JUM'AT, 18 JANUARI 2019 , 20:36:00



The ads will close in 10 Seconds