JR Saragih Ancam Pidanakan KPU Sumut

Politik  SENIN, 12 MARET 2018 , 18:35:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

JR Saragih Ancam Pidanakan KPU Sumut
RMOLSumut. Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI) JR Saragih yang dilegalisir oleh Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta Wilayah Administrasi Jakarta Pusat, telah diterima oleh Bawaslu dan KPU Sumut.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh JR Saragih saat menggelar konferensi pers di Kantor DPD Partai Demokrat Sumut, Jalan Abdullah Lubis, Medan, Senin (12/3).

"Sudah dileges Kepala Dinas Suku Dinas DKI dan legesnya sudah diterima (KPU/Bawaslu)," kata JR Saragih.

Dalam kesempatan dan tempat yang berbeda, Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain secara tidak langsung mengungkapkan bahwa SKPI tidak sesuai dengan rekomendasi atau prosedur yang diberikan Bawaslu.

Menanggapi keterangan Iskandar Zulkarnain tersebur, JR Saragih menegaskan bahwa pihaknya akan mempidanakan Komisioner KPU Sumut.

"Terus terang kalau dia (Komisioner KPU) tidak mengakui, bisa kita pidana. Pengganti ijazah itu resmi diatur UU... Kita akan laporkan atas dugaan menghalangi-halangi seseorang menjadi calon kepala daerah," tegas JR Saragih.

Sebagaimana diketahui, saat ini tim kuasa hukum JR Saragih sedang menjalani proses gugatan hukum di Pengadilan Tinggi Umum Negeri (PTUN) Medan atas dugaan KPU Sumut menghalangi dirinya untuk menjadi calon kepala daerah.

Gugatan tersebut, ungkap JR Saragih, akan dicabut jika KPU Sumut telah menetapkan pasangan JR-Ance sebagai Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sumut 2018-2023.

"Kewajiban dia (KPU Sumut) untuk memasukkan kita sebagai calon. Kita cabut gugatan di PTUN kalau kita sudah dimasukkan sebagai calon. Kalau tidak dimasukkannya maka gugatan akan kita lanjutkan," tandasnya.[rgu]

Komentar Pembaca