Ketua KPU Sumut Diperiksa

Peristiwa  SELASA, 13 MARET 2018 , 19:42:00 WIB | LAPORAN: ROBEDO GUSTI

Ketua KPU Sumut Diperiksa

Mulia Banurea/RMOLSumut

RMOLSumut. Ketua KPU Sumatera Utara Mulia Banurea menjalani pemeriksaan oleh petugas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Sumatera Utara. Pemeriksaan ini dilakukan terkait adanya pengaduan dari masyarakat terhadap dugaan pemalsuan legalisir fotocopy Ijazah JR Saragih yang digunakan saat mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke KPU Sumut pada saat masa pendaftaran calon di Pilgubsu 2018.
"Sekarang ketua (Mulia Banurea) lagi di Gakkumdu sebagai saksi atas pengaduan masyarakat terkait dugaan pemalsuan leges fotocopy ijazahnya pak JR Saragih saat pendaftaran," kata Komisioner KPU Sumut divisi hukum, Iskandar Zulkarnain disela memberikan keterangan pers di Kantor KPU Sumut, Selasa (13/3).

Iskandar dalam keterangan pers kali ini menyampaikan perkembangan dari proses yang mereka lakukan dalam rangka mematuhi putusan dari Bawaslu Sumut terkait sengketa yang diajukan oleh JR Saragih. Menurutnya, KPU Sumatera Utara tetap dalam koridor patuh dalam menjalankan seluruh aturan yang ada. Dan hal menurutnya sudah mereka laksanakan dengan baik meskipun bagi sebagian pihak mereka tetap dituding tidak menjalankan aturan yang ada.

"Kami sebagai penyelenggara pemilu harus melayani. Kalau kemudian ada pengaduan misalnya ke pidana, kemudian ada panggilan kami untuk menjalani pemeriksaan kita akan datang," ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui mengenai informasi yang dikorek oleh petugas Sentra Gakkumdu terhadap Mulia Banurea, sebab yang bersangkutan belum merespon upaya konfirmasi dari RMOLSumut.com. Selain Mulia, komisioner KPU Sumut lain Yulhasni juga dipanggil oleh petugas dari Sentra Gakkumdu. Akan tetapi, Yulhasni meminta penundaan karena sedang berada di Jakarta.

"Saya juga dipanggil, tapi sudah saya hubungi petugasnya supaya pemeriksaan diundur. Saya lagi di Jakarta dalam rangka konsultasi ke KPU RI," ujarnya singkat lewat selulernya.

Diketahui JR Saragih diadukan ke Sentra Gakkumdu terkait dugaan pemalsuan legalisir fotocopy ijazah SMA miliknya. Dalam proses penyelidikan, tim Sentra Gakkumdu sudah melakukan beberapa langkah seperti menyita dokumen milik JR Saragih dari KPU Sumut beberapa waktu lalu.[rgu]

Komentar Pembaca