Bersama Grup Musik Arunika, Medan Creative Hub Sukses Hidupkan "Raung Khatulistiwa"

Budaya  JUM'AT, 06 APRIL 2018 , 15:30:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Bersama Grup Musik Arunika, Medan Creative Hub Sukses Hidupkan
RMOLSumut. Setelah sukses menampilkan penyanyi muda berbakat asal Sumut, Ando Sipayung pada Maret lalu, kali ini Rumah Karya Indonesia melalui program Medan Creative Hub kembali sukses dalam menggelar musikalisasi puisi yang menghadirkan  grup Arunika, Kamis (5/4) di Caldera Coffe, Jalan Sisingamangaraja, Medan.
Dalam penampilannya, Arunika membawakan musikalisasi puisi bertema "Raung Khatulistiwa". Denata Rajagukguk mewakili Arunika menjelaskan bahwa seluruh karya yang mereka ciptakan didasari oleh originalitas.

"Jadi awalnya Arunika itu menekankan originalitas, makanya kita mau habis-habisan mengeksplor musik. Tapi kita sadar bahwa kita tidak boleh ego, semua orang akhirnya bisa dengerin musik kita," katanya.

Pada kesempatan yang sama, digelar juga diskusi yang melibatkan seorang antropolog muda, Ibnu Avena Matondang. Ia memberi pemaparan tentang perspektifnya dalam keselarasan perasaan, emosional, dan spiritual terhadap nusantara.

Dalam diskusi tersebut, Avena menyebutkan bahwa sebenarnya Arunika ingin menuangkan keberagaman musik nusantara melalui wadah yang berbeda.

"Kita tidak perlu bicara musik dalam konseptual karena bermain musik haruslah dengan hati," katanya.

Agak senada dengan Avena, pengamat seni Ahmad Arief Tarigan menilai bahwa eksplorasi musik yang disuguhkan Arunika mengangkat keberagaman nusantara dengan peristiwa bunyi.

Oleh karena itu, masih Arief, Arunika sangat layak untuk diapresiasi.

"Mereka sangat luar biasa. Jadi apabila ada referensi atau tidak, kembali lah pada mereka agar mereka semakin mantap," jelasnya.

Sementara perwakilan dari Rumah Karya Indonesia, Ojax menegaskan bahwa mereka akan terus memperkenalkan karya serta membangun diskusi di antara lintas generasi di Sumatera Utara.

"Kita mengedepankan jargon 'memaknai, merawat dan menghidupkan tradisi'. Mari kita menciptakan ruang-ruang tanpa harus menunggu," tandas Ojax. [sfj]



Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Calon Presiden di Makam Bung Karno

Calon Presiden di Makam Bung Karno

SABTU, 17 MARET 2018 , 01:55:00

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

RABU, 07 MARET 2018 , 01:04:00

Hari Pertama MTQ ke 51 dan FSN ke 40 Kabupaten Deli Serdang