Kisruh Pemberian Gelar Datuk, Muhri: Djarot Jangan Buat Kegaduhan!

Politik  MINGGU, 08 APRIL 2018 , 11:29:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Kisruh Pemberian Gelar Datuk, Muhri: Djarot Jangan Buat Kegaduhan!

Muhri Fauzi

RMOL. Rencana pemberian gelar Datuk kepada Calon Gubernur Sumut nomor urut 2 Djarot Saiful dinilai bernuansa politis. Gelar tersebut diduga akan digunakan Djarot untuk mendapat dukungan masyarakat Langkat.
Hal tersebut disampaikan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari daerah pemilihan Kabupaten Langkat yang juga putra Melayu Langkat, Muhri Fauzi Hafiz.

"Kisruh ini terjadi karena dipicu oleh kekhawatiran pasangan Djarot Sihar untuk mendapat dukungan dari masyarakat Melayu Langkat," katanya saat diwawancarai RMOL Sumut, Minggu (8/4).

Padahal, sambung pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi A  itu, keputusan masyarakat Langkat tidak akan terpengaruh oleh pemberian gelar Datuk kepada  Djarot tersebut.

 "Kondisi objektif yang ada tidak demikian. Saat ini masyarakat sudah lebih cerdas, pemberian anugerah gelar adat sesungguhnya tidak mempengaruhi keputusan masyarakat untuk memilih," ungkap Muhri.

Jika dipaksakan, Muhri khawatir pemberian gelar Datuk kepada Djarot tersebut dapat membuat kegaduhan dan mengganggu kondusifitas jelang Pilkada Serentak 2018.

"Yang terpenting jangan buat kegaduhan seperti mengadu domba satu kelompok dengan kelompok lain. Hal ini perlu ditegaskan agar pelaksanaan Pilkada ini berjalan dengan damai," tegasnya.

Selain itu, Muhri juga mengapresiasi Kesultanan Langkat yang telah tegas menolak pemberian gelar kepada Djarot.

"Sebagai putra Melayu Langkat, saya juga mengungkapkan terima kasih kepada kesultanan Langkat yang proaktif menjaga keluhuran adat yang dimiliki sehingga tidak mudah terbawa dinamika politik yang terjadi," tandasnya. [sfj]




Komentar Pembaca
Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00