Studi Banding, ISSI Sumut Jajal Lintasan Gunung Di Kuala Lumpur

Olahraga  SELASA, 10 APRIL 2018 , 20:10:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Studi Banding, ISSI Sumut Jajal Lintasan Gunung Di Kuala Lumpur
RMOL. Ketua Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumut H. Akbar Buchari SH beserta sejumlah jajaran pengurusnya menggelar kegiatan Gowes To Kuala Lumpur Malaysia, Jumat-Minggu 6 - 8 April 2018.
Akbar Buchari menjelaskan, di sana mereka menyusuri dua lokasi lintasan sepeda pegunungan terkenal, yaitu di Putra Jaya dan  di Bukit Kiara.

"Kita membawa sendiri sepeda dari Medan untuk mencoba langsung sarana bersama sejumlah biker dari komunitas MTB yang ada di Malaysia. Bike Park yang kita jajal di Malaysia ini sudah berstandar internasional dan merupakan sarana bersepeda  representatif yang cukup dikenal. Sering event berlabel internasional digelar di sini," kata Akbar Buchari di Medan kepada RMOL Sumut, Selasa (10/4).

Selain bertujuan untuk olahraga, masih kata Akbar Buchari, kegiatan gowes tersebut juga sebagai ajang studi banding, mempelajari sarana-sarana olahraga bersepeda. Hasil studi banding akan diterapkan di Sumut dalam upaya membangkitkan kembali kejayaan balap sepeda tahun 1970-an lalu.

"Konsep Bike Park di Putra Jaya dan Bukit Kiara sangat mengagumkan.  Hal inilah yang kita pelajari dan ingin kita wujudkan di Sumut, yakni mengadakan sarana bersepeda bertaraf internasional. Sehingga, tidak hanya bisa digunakan untuk atlet lokal berlatih, tetapi juga atlet-atlet mancanegara,   seperti yang terjadi di Malaysia," ungkap Akbar Buchari.

Studi banding tersebut sangat penting mengingat Sumut bersama Aceh menjadi calon tuan rumah PON XXI Tahun 2024 dan biddingnya dilakukan pada April ini.

"Kita harus sudah memulai mempersiapkan sarana-sarana olahraga sejak sekarang. Di Sumut, kita memang sudah punya velodrome ISSI Sumut yang berlokasi di kawasan Medan Estate. Namun, kondisi velodrome tersebut saat ini sungguh memprihatinkan dan perlu perbaikan menyeluruh. Memang untuk mewujudkan sarana balap sepeda yang representatif perlu dukungan nyata pemerintah," tandas Akbar Buchari. [sfj]

Komentar Pembaca
Ini Hasil Pertemuan Prabowo Dan Puan

Ini Hasil Pertemuan Prabowo Dan Puan

SELASA, 17 JULI 2018 , 19:00:00

Gerindra, PKS dan PAN Belum Capai Titik Temu

Gerindra, PKS dan PAN Belum Capai Titik Temu

SELASA, 17 JULI 2018 , 15:00:00

Faktor Cawapres Tentukan Kemenangan

Faktor Cawapres Tentukan Kemenangan

SELASA, 17 JULI 2018 , 13:00:00

Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00