Gandeng Bank Sumut, HMI Bertekad Perkuat Perbankan Syariah

Ekonomi  JUM'AT, 13 APRIL 2018 , 12:28:00 WIB | LAPORAN: FAJAR SIDIK

Gandeng Bank Sumut, HMI Bertekad Perkuat Perbankan Syariah

Foto/RMOL Sumut

RMOL. Penerapam sistem ekonomi Islam di negara-negara mayoritas Muslim memiliki berbagai persoalan, baik dari sudut pandang hukum maupun operasional.
Hal itu menjadi dasar bagi Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Sumatera Utara menggelar diskusi dengan tema "Peran Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Ummat", Rabu (11/4) di Fayonesse Cafe, Medan.

"Hal ini memang wajar, karena selama ini sistem ekonomi kapitalis masih mendominasi di berbagai Negara. Karena itu pula penerapan sistem ekonomi Islam seolah-olah dipaksakan untuk menggantikan mekanisme yang sudah akut dengan gaya ekonomi kapitalis," kata penanggung jawab acara yang juga merupakan moderator diskusi dan Kabid Eksternal Badko HMI Sumut, Wildan Anshor Hasibuan.

Dalam diskusi itu, Badko HMI Sumut menghadirkan dua pembicara, yaitu Indra Kesuma (Pemimpin Divisi Unit Syariah Bank Sumut) dan Muhammad Arif (dosen FEBI UIN Sumut).

"Unit Bank Syariah ini sudah berdiri 14 tahun, tetapi karena tidak adanya support dari pemerintah makanya sampai sekarang belum bisa berbentuk badan," kata Indra Kesuma.

Oleh karena itu, Indra berharap mendapat dukungan dari Badko HMI Sumut untuk memperkuat Bank Sumut Syariah sebagai sistem ekonomi Islam.

"Untuk itu kita mohon dukungan para peserta baik dari Badko HMI Sumut begitu juga dengan mahasiswa lainnya agar sama-sama mewujudkan Bank Sumut Berbadan Syariah di Sumatera Utara demi meningkatkan dan mensejahterakan ekonomi ummat di Sumatera Utara," harap Indra Kesuma.

Sementara Muhammad Arif dalam pemaparannya menyampaikan, kesejahteraan ekonomi ummat dapat terwujud jika para pengusaha Muslim menggunakan sistem ekonomi Islam.

"Apabila kita ingin meningkatkan ekonomi masyarakat, maka kita harus memulai dari diri sendiri. Mustahil kita bisa mensejahterakan perekonomian ummat kalau diri kita saja tidak bias kita sejahterakan. Ayo kita mulai dari sekarang berwirausaha dan hijrah ke Pebankan Syariah," tegas Muhammad Arif.

Di akhir diskusi, Badko HMI Sumut menegaskan, mereka akan menjadi yang terdepan dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi ummat tersebut.

" Perbankan syariah adalah solusi ekonomi keummtan. Islam adalah agama yang Rahmatal lil Alamin, untuk itu kita yakin dan percaya dengan menerapkan sistem Perbankan Syariah di Sumatera Utara, Insya Allah masyarakat akan lebih sejahtera. Badko HMI Sumut  akan terus mengkampanyekan dan mengajak seluruh ummat untuk hijrah dari Perbankan Konvensional ke Perbankan Syariah, demi meningkatkankan ekonomi ummat khususnya yang beragama Islam," pungkas Wildan. [sfj] 

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Calon Presiden di Makam Bung Karno

Calon Presiden di Makam Bung Karno

SABTU, 17 MARET 2018 , 01:55:00

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

RABU, 07 MARET 2018 , 01:04:00

Hari Pertama MTQ ke 51 dan FSN ke 40 Kabupaten Deli Serdang