Kader PDI Ini Juga Punya Sebutan Buat Koalisi Partai Kalah

Politik  SABTU, 14 APRIL 2018 , 20:48:00 WIB

Kader PDI Ini Juga Punya Sebutan Buat Koalisi Partai Kalah

Tjahjo Kumolo/Net

RMOL. Politisi PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo tidak menilai penilaian Amien Rais mengenai dua kubu dalam partai politik di Indonesian logis dalam dinamika politik.
Menurutnya, sebelum ada dikotomi partai setan dan partai Allah ada juga dikotomi partai besar dan partai kecil. Termasuk partai pemenang dan partai yang kalah.

"Munculnya terminologi parpol Allah dan partai setan, atau parpol besar dan parpol kecil sah dalam demokrasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/4), sebagaimana diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.

Tjahjo menjelaskan terminologi partai kalah, menang, besar dan kecil ini biasanya muncul pasca pemilihan umum. Dari sana jugalah kemunculan sebuah koalisi pemerintah dan koalisi opisisi.

Tjahjo juga tidak masalah jika partai kalah dalam pemilu itu berkumpul menjadi sebuah koalisi bersama. Untuk itu ia punya sebutan sendiri yakni Partai Kalahan Indonesia.

"Partai menang membentuk koalisi pemerintahan. Sedangkan partai kalah silahkan membentuk koalisi oposisi dalam ranah partai kalah. Itu sah dalam demokrasi," ujar Tjahjo.

Sebelumnya Ketua Penasihat Persaudaran Alumni 212 dan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais membagi dua golongan partai politik yang ada di Indonesia yakni partai setan dan partai Allah.

Amien menyebut PAN, PKS, dan Gerindra masuk sebagai partai Allah. Sementara itu, partai besar masuk dalam partai setan. Namun Amien tak mau memberikan jawaban rinci mengenai siapa saja partai setan. Bahkan Amien mengelak bahwa yang ia maksud adalah partai setan itu merupakan partai tertentu, melainkan hanya sebatas cara berpikir.

Pembagian partai menjadi dua golongan itu disampaikan Amien saat tausiyah usai mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4). [rtw]

Komentar Pembaca
Ijeck Mencoblos

Ijeck Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:21:00

Djarot Mencoblos

Djarot Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:29:00

Sihar Sitorus Mencoblos

Sihar Sitorus Mencoblos

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:43:00