Lemkapi: Soal Partai Setan Amin Bisa Dipidana

Politik  SABTU, 14 APRIL 2018 , 20:54:00 WIB

Lemkapi: Soal Partai Setan Amin Bisa Dipidana

Amien Rais/Net

RMOL. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terancam dipidana lantaran penilaiannya tentang dua kutub partai politik di Indonesia yakni partai setan dan partai Allah.
Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan menilai penilaian Amien tersebut masuk dalam ujaran yang menyinggung Suku Agama Ras dan Antar Golongan yang tertera dalam Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

"Itu bisa mengadu domba umat. Kami berpandangan isi tausiyah Amien Rais bisa berpotensi pidana," ungkap Edi dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (14/4).

Lebih lanjut Edi menilai pernyataan tersebut sangat tidak pantas dikeluarkan dari tokoh sekaliber Amien.

Sebagai seorang negarawan dan ikut dalam gerakan reformasi, seharusnya Amien tidak mendikotomikan partai politik. Terlebih, masih kata Edi, pada iklim demokrasi sekarang ini Amien tidak menjelekan partai karena bisa memantik perpecahan bangsa.

Ia juga menyarankan agar pihak yang dirugikan dari pernyataan tersebut memilih jalur hukum dibanding melakukan tindakan reaksioner yang merugikan.

"Kami ajak semua pihak bisa menahan diri dan tidak memprovokasi umat demi menjaga kamtibmas yang kondusif," demikian Edi.

Sebelumnya Ketua Penasihat Persaudaran Alumni 212 dan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais membagi dua golongan partai politik yang ada di Indonesia yakni partai setan dan partai Allah.

Amien menyebut PAN, PKS, dan Gerindra masuk sebagai partai Allah. Sementara itu, partai besar masuk dalam partai setan. Namun Amien tak mau memberikan jawaban rinci mengenai siapa saja partai setan. Bahkan Amien mengelak bahwa yang ia maksud adalah partai setan itu merupakan partai tertentu, melainkan hanya sebatas cara berpikir.

Pembagian partai menjadi dua golongan itu disampaikan Amien saat tausiyah usai mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (13/4). [rtw]

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Calon Presiden di Makam Bung Karno

Calon Presiden di Makam Bung Karno

SABTU, 17 MARET 2018 , 01:55:00

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

1.000 Persen Dukung Rizal Ramli

RABU, 07 MARET 2018 , 01:04:00

Hari Pertama MTQ ke 51 dan FSN ke 40 Kabupaten Deli Serdang