Tak Ada PKPU Yang Dilanggar Dalam Penggunaan #2019GantiPresiden

Politik  SELASA, 24 APRIL 2018 , 20:04:00 WIB | LAPORAN: PUTRA

Tak Ada PKPU Yang Dilanggar Dalam Penggunaan #2019GantiPresiden

Foto/Net

RMOL. Tanda pagar (Tagar) #2019gantipresiden yang saat ini banyak bermunculan di kaos, mug, gelang, tenda becak, maupun papan bunga, tidak melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) manapun. Bukan juga merupakan APK maupun bahan kampanye.
Pernyataan di atas dikatakan ketua KPU Binjai Heri Dani, saat diwawancarai awak media, Selasa (24/4) siang.

Menurutnya, APK yang diatur dalam PKPU yaitu berupa spanduk, umbul-umbul, dan Baliho. Sedangkan bahan kampanye yang dimaksud berupa poster, selebaran, stiker, dan lain-lain.

"Kalau tagar #2019gantipresiden tidak masuk dalam peraturan dan bukan merupakan APK ataupun bahan kampanye," beber Heri Dani.

"Kami tidak melarang ataupun menyuruh pembuatan tagar #2019gantipresiden. Alasannya jelas, karena tidak ada aturan yang mengatur hal itu," sambungnya.

Heri Dani juga memberikan alasan kenapa tagar #2019gantipresiden tidak termasuk dalam APK ataupun bahan kampanye.

"Itu bukan bahan kampanye karena kalau bahan kampanye harus ada visi dan misinya, serta ada nomor urut Paslonnya," tegas Heri Dani.

Disinggung soal adanya tenda becak milik Supriadi, warga jalan Cangkul, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Turi, yang beberapa hari lalu di ambil Polisi, Heri Dani menegaskan bahwa itu bukan kewenangan pihaknya.

"Regulasi Pemilu tentang kampanye tidak mengatur itu. Kalaupun Polisi melarang, itu bukan ranah kami. Mungkin mereka (Polisi) punya pertimbangan sendiri dan itu di luar ranah ataupun kewenangan kami," tutupnya. [sfj]


Komentar Pembaca
Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

Rocky Gerung - Pembangunan (Bag.5)

KAMIS, 17 MEI 2018 , 20:00:00

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

Cawapres Prabowo Tunggu Sinyal Jokowi

KAMIS, 17 MEI 2018 , 15:00:00

Lobi Politik PDIP Percepat RUU Anti Terorisme